Purwokerto (ANTARA) - Program Studi (Prodi) Diploma Empat Teknologi Laboratorium Medik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berhasil meraih akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). 

Dekan Fikes UMP Drs. Ikhsan Mujahid, M.Si. di Purwokerto, Sabtu, mengatakan prodi yang baru berdiri pada tahun 2016 itu berhasil mendapatkan nilai 315 dengan peringkat B (Baik). 

"Alhamdulillah Prodi Teknologi Laboratorium Medik Fikes UMP yang berdiri belum lama, sudah mendapat nilai B," kata dia yang juga Wakil Rektor UMP Bidang Keuangan dan Aset. 

Baca juga: Biro SDM UMP persiapkan pegawai baru melalui Darul Arqam

Menurut dia, raihan skor akreditasi B itu tidak lepas dari prestasi-prestasi yang diperoleh dosen maupun mahasiswa, baik di tingkat wilayah maupun nasional. 

Selain itu, kata dia, Prodi Teknologi Laboratorium Medik yang termasuk masih jarang di berbagai daerah itu telah menerapkan penggunaan teknologi pembelajaran proses kegiatan belajar-mengajar guna menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Dengan keberhasilan tersebut, Ikhsan mengatakan pihaknya tidak akan berhenti berusaha menjadi yang  lebih baik. 

"Berbagai peningkatan kualitas akan tetap dilakukan agar mencapai target akreditasi yang lebih tinggi," tegasnya.

Baca juga: Inilah pilihan program studi bagi yang ingin kuliah di UMP

Sementara itu, Wakil Rektor UMP Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Jebul Suroso mengatakan UMP merupakan kampus terbaik kelima perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia yang ada di Kabupaten Banyumas.

Menurut dia, UMP yang tengah menuju akreditasi A, saat ini memiliki lebih dari 43 program studi dan 12 fakultas, enam di antaranya sudah terakreditasi A. Selain itu, UMP juga memiliki lima program profesi dan penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG).

"UMP telah memiliki banyak program studi yang tersebar di berbagai fakultas seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di antaranya Pendidikan Geografi (S1), Pendidikan Sejarah (S1), PPKN (S1), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Biologi (S1), PGSD (S1), serta PGPAUD (S1)," katanya.. 

Baca juga: Tingkatkan kemampuan audit, dua lembaga internal UMP dilatih ISO 9001-2015

Menurut dia, program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) dan Kedokteran, yakni Keperawatan (D3), Keperawatan (S1), Kebidanan (D3, Kebindanan (S1), Teknologi Laboratorium Medik (D4), Teknik Rekayasa Elektro-Medis (D4), Teknologi Radiologi Pencitraan (D4), Manajemen Informasi Kesehatan (D4), dan Keperawatan Anestesiologi (D4). 

"Fakultas Agama Islam memiliki dua program studi, yakni Pendidikan Agama Islam dan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis ada tiga program studi yaitu, Manajemen S1, Akuntansi S1, dan Akuntansi D3," katanya. 

Selanjutnya, kata dia, di Fakultas Pertanian ada dua program studi, yakni Agribisnis (S1) dan Agroteknologi (S1), sedangkan di Fakultas Teknik dan Sains ada Teknik Sipil (S1), Teknik Kimia (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Informatika (S1), dan Teknik Mesin (S1).

"Yang lainnya ada Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Sastra, dan Fakultas Hukum," tambahnya. 

Selain program studi D3 dan S1, kata dia, UMP telah memiliki Program Pascasarjana (S2) di antaranya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, Pendidikan Dasar, Farmasi, dan Pendidikan Agama Islam. 

"Kalau Program Profesi, UMP memiliki profesi Apoteker, Profesi Ners, Profesi Dokter, Profesi Kebidanan, dan Profesi Pendidikan Guru," jelasnya. (tgr)

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Purwokerto berkomitmen ciptakan dokter yang unggul
Baca juga: UMP luncurkan Pusat Studi Dakwah Komunitas
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024