RPH Kudus disiapkan untuk layani pemotongan hewan kurban

id RPH Kudus mulai dipersiapkan, untuk melayani, pemotongan hewan kurban

RPH Kudus disiapkan untuk layani pemotongan hewan kurban

RPH di Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

hewan ternak yang boleh dipotong di RPH harus sehat dan usai dipotong juga akan diperiksa apakah ada penyakitnya atau tidak
Kudus (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyatakan rumah pemotongan hewan (RPH) sudah siap melayani pemotongan hewan kurban demi mencegah terjadinya kerumunan di masing-masing tempat ibadah yang menyelenggarakan kurban.

"RPH sudah kami bersihkan dan dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan," kata Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Didik Tri Prasetyo ditemui di sela-sela mengawasi jajarannya mempersiapkan RPH di Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Kamis.

Selain itu, kata dia, saat pemotongan hewan kurban juga disiapkan petugas pemotongan hewan kurban serta petugas yang akan mengecek suhu tubuh setiap tamu.

Protokol kesehatan selama di RPH tetap diberlakukan, demi mencegah potensi penularan penyakit virus corona.

Terkait dengan fasilitas peralatan yang ada di RPH, mulai dari hidrolis dan peralatan lainnya bisa dimanfaatkan.

Sarana air bersih, kata Didi, juga sudah tersedia sehingga nantinya bisa digunakan untuk mencuci daging.

Baca juga: Ganjar imbau warga sembelih hewan kurban di RPH

Untuk memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan RPH untuk pemotongan hewan kurban, juga disediakan poster terkait prosedur pemotongan hewan kurban di masa pandemi COVID-19.

"Perlu diingat, hewan ternak yang boleh dipotong di RPH harus sehat dan usai dipotong juga akan diperiksa apakah ada penyakitnya atau tidak," ujarnya.

Kepala Bidang Peternakan Agus Setiawan menambahkan hingga kini sudah ada 16 ekor kerbau yang siap dipotong di RPH saat Hari Raya Idul Adha.

Meskipun sudah disediakan petugas pemotong hewan kurban, dia mempersilakan, panitia kurban untuk menyediakan sendiri petugas pemotong hewan kurban sehingga pemotongannya juga lebih cepat tanpa harus menunggu giliran.

RPH modern yang ada di Desa Prambatan Kidul tersebut, dilengkapi kandang ternak dengan daya tampung 40 ekor hewan ternak, sedangkan kapasitas pemotongan hewan ternak per harinya sekitar 25 ekor.

Fasilitas yang tersedia di RPH modern, selain kandang ternak, juga dilengkapi instalasi pengolahan air limbah (IPAL) serta alat pemotong hewan modern. 

Baca juga: Disnakan Boyolali imbau penyembelihan hewan kurban di RPH
Baca juga: Disnak Keswan Jateng semprotkan disinfektan di RPH-pasar hewan cegah COVID-19

 
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar