Pedagang tiga pasar Batang disipakan jalani tes cepat COVID-19

id Pemkab Batang, rapid test

Pedagang tiga pasar Batang disipakan jalani tes cepat COVID-19

Bupati Batang Wihaji didampingI Kepala Dinas Kesehatan Muchlasin saat memaparkan kasus penyebaran COVID-19 di Batang. ANTARA/Kutnadi

Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyiapkan pelaksanaan uji cepat  (rapid test) para  pedagang di tiga titik yaitu Pasar Induk Batang, Pasar Bandar, dan Pasar Blado.

Pelaksanaan tes cepat COVID-19 itu setelah Lebaran karena saat ini pedagang sibuk  melayani pembeli jelang Hari Raya Idul Fitri, kata Bupati Batang Wihaji di Batang, Sabtu.

Rapid test para pedagang ini atas permintaan Pemerintah Provinsi Jateng sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

"Persiapan alat rapid tes totalnya ada 300. Adapun untuk Pasar Batang 150, Bandar 125, dan Blado 25 alat. Setiap pedagang akan kami lakukan tes cepat," katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Wihaji mengatakan pada warga agar tetap mematuhi anjuran pemerintah dan protap protokol kesehatan yaitu tidak menjalankan shalat Id di masjid.

"Saya berkewajiban mengingatkan pada warga agar shalat Id di rumah saja. Saya berharap pada warga diperhatikan anjuran dari pemerintah karena saat ini penyebaran virus corona sudah cukup aneh," katanya.

Ia menambahkan jumlah orang dalam pengawasan sebanyak 874 orang (773 orang selesai dalam pengawasan dan 45 masih ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) 61 orang (45 selesai dalam pengawasan dan sembilan meninggal), dan positif COVID-19 ada  27 orang, 18 sembuh, dan  1 meninggal dunia.

Baca juga: Dinkes Surakarta gelar rapid test di pusat keramaian

Baca juga: Pengunjung pusat perbelanjaan di Kudus jadi sasaran tes cepat corona


 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar