PSSI desak FIFA tentukan enam stadion Piala Dunia U-20

id pssi,Yunus Nusi,fifa,piala dunia u 20,FIFA segera tentukan stadion

PSSI desak FIFA tentukan enam stadion Piala Dunia U-20

Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat salah satu venue Piala Dunia U-20 tahun 2021. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mendesak FIFA segera menentukan enam stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Indonesia.

Kepada Antara di Jakarta, Jumat, Yunus mengatakan bahwa permintaan itu disampaikan dalam rapat jarak jauh antara PSSI dan FIFA pada hari ini, Jumat (8/5).

"Dalam pertemuan itu, kami meminta FIFA agar segera menentukan stadion untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021. FIFA lalu bertanya kepada kami soal kendala selama pandemi COVID-19," ujar Yunus.

Baca juga: FIFA tunda peninjauan venue Piala Dunia U-20 akibat corona

PSSI, lanjut pria yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu, menyampaikan kepada FIFA bahwa semua persiapan Piala Dunia U-20 masih tetap sesuai jadwal.

Kemudian, PSSI juga menegaskan kepada FIFA bahwa Pemerintah Indonesia selalu memberikan dukungan maksimal untuk kejuaraan dunia dua tahunan tersebut.

"Kami menyampaikan bahwa pemerintah sangat memerhatikan dan mendukung persiapan Piala Dunia U-20 ini," kata Yunus.

Masih terkait Piala Dunia U-20, pada hari ini, Jumat (8/5), beredar di kalangan media surat dari FIFA bertanggal 14 April 2020 dengan tanda tangan Chief Tournaments and Events Officer FIFA Colin Smith yang ditujukan kepada PSSI.

Baca juga: PSSI berharap FIFA lebih cepat tentukan enam stadion Piala Dunia U-20

Dalam surat itu, FIFA menyebut bahwa, sejalan dengan proposal pengajuan tuan rumah, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya dan Bali diutamakan menjadi tempat pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021 berdasarkan perencanaan infrastruktur stadion, ketersediaan fasilitas latihan yang cukup dan pengaturan perjalanan serta logistik tim-tim peserta. Namun, FIFA masih akan mengkaji hal-hal itu secara komprehensif.

Menanggapi surat tersebut, Yunus mengakui bahwa Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap beberapa stadion bisa menyelenggarakan Piala Dunia U-20, termasuk stadion di Riau yang tidak disebutkan dalam surat FIFA kepada PSSI.

Baca juga: Kemenpora pastikan enam stadion untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021

"Ketua Umum PSSI memang berharap beberapa stadion termasuk Stadion Utama Riau masuk dalam calon tempat pertandingan Piala Dunia U-20. Kami tetap melakukan komunikasi dan selalu menjaga segala kemungkinan terburuk yang terjadi," tutur laki-laki asal Gorontalo itu.

Jika berjalan sesuai jadwal, Piala Dunia U-20 berlangsung pada 24 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia. Ada 11 stadion yang ditetapkan PSSI sebagai kandidat arena pertandingan yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru). Dari 11 stadion ini, hanya enam yang akan dipakai di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Baca juga: Indonesia resmi jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021

Baca juga: PSSI bangun Soccer Camp berstandar FIFA Rp40 miliar di Sukabumi
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar