TNI dan Polri bagikan sembako untuk warga terdampak COVID-19 di Banyumas

id pembagian sembako,warga terdampak covid 19,banyumas,purwokerto,Jateng

TNI dan Polri bagikan sembako untuk warga terdampak COVID-19 di Banyumas

Kapolresta Banyumas Kombes Pol. Whisnu Caraka didampingi Dandim 0701/Banyumas Letkol (Inf) Candra (kiri) saat menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada salah seorang warga yang terdampak pandemi COVID-19 di Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Kamis (9/2/2020). (FOTO ANTARA/Sumarwoto)

Purwokerto (ANTARA) - Anggota TNI dan Polri membagikan ratusan paket sembako untuk warga terdampak pandemi virus corona atau COVID-19 di Kelurahan Purwanegara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Kegiatan pembagian sembako yang diinisiasi Kepala Kepolisian Resor Kota Banyumas Komisaris Besar Polisi Whisnu Caraka itu dilakukan dengan mendatangi rumah-rumah warga yang terdampak pandemi COVID-19.

Anggota TNI dan Polri yang terlibat dalam kegiatan tersebut dibagi menjadi lima tim dengan didampingi petugas Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara, dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) setempat yang sebelumnya telah mendata warga terdampak COVID-19 di wilayah sekitar Markas Polresta Banyumas tersebut.

Saat ditemui wartawan di sela kegiatan, Kapolresta Banyumas Kombes Pol. Whisnu Caraka mengatakan pihaknya mencoba memberikan bantuan berupa paket sembako sekadarnya dengan harapan bisa membantu masyarakat yang terdampak COVID-19.

"Setidak-tidaknya bisa membantu kehidupan sehari-hari mereka," katanya didampingi Komandan Komando Distrik Militer 0701/Banyumas Letnan Kolonel Infanteri Candra.

Ia mengaku sudah sepakat dengan Dandim 0701/Banyumas Letkol (Inf) Candra untuk terus melaksanakan kegiatan tersebut hingga pandemi COVID-19 itu berakhir.

"Hari ini (9/4) kebetulan dari anggota Polresta Banyumas yang kita sesuaikan untuk masyarakat yang ada di sekitar kita," jelasnya.

Pada tahap awal, kata dia, anggaran untuk menyediakan paket sembako yang dibagikan tersebut berasal dari zakat anggota Polresta Banyumas dan selanjutnya tidak menutup kemungkinan dihimpun dengan cara menyisihkan sebagian penghasilan mereka.

Menurut dia, sasaran pembagian paket sembako tersebut merupakan warga yang terpaksa menjadi pengangguran atau tidak mendapatkan pekerjaan akibat adanya pandemi COVID-19.

"Target sebanyak mungkin (warga yang mendapatkan paket sembako). Untuk hari ini (9/4) ada 200 paket sembako yang kita bagikan di lima titik," katanya.

Ia mengatakan seluruh Kepolisian Sektor dan Komando Rayon Militer di Banyumas akan dinstruksikan untuk melaksanakan kegiatan serupa dengan memberikan bantuan sekadarnya di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Dandim 0701/Banyumas Letkol (Inf) Candra mengatakan pembagian paket sembako itu merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan TNI-Polri terkait dengan penanggulangan COVID-19 di wilayah Banyumas.

"Mulai dari awal kita sudah melaksanakan penyemprotan, kemudian melaksanakan pembatasan kerumunan-kerumunan melalui patroli-patroli, pembagian hand sanitizer, dan edukasi yang hampir setiap hari dilakukan, baik oleh anggota Koramil maupun anggota Polsek," katanya.

Ia mengharapkan kegiatan pembagian paket sembako tersebut dapat berkesinambungan dan memberikan motivasi sehingga muncul solidaritas serta gotong royong untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ditimbulkan dari pandemi COVID-19.

Menurut dia, hal itu disebabkan dampak COVID-19 ke semua sektor sehingga dengan kegiatan yang diinisiasi Kodim 0701/Banyumas dan Polresta Banyumas dapat membantu masyarakat yang terdampak virus corona. 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar