Tingkatkan kemampuan audit, dua lembaga internal UMP dilatih ISO 9001-2015

id lembaga internal UMP,pelatihan iso 9001

Tingkatkan kemampuan audit, dua lembaga internal UMP dilatih ISO 9001-2015

Perwakilan dari LDC dan LPMPAI yang merupakan lembaga internal Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) saat mengikuti pelatihan ISO 9001-2015 di Ruang Sidang, Gedung Rektorat UMP, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (ANTARA/HO-UMP)

Harapannya para peserta yang mengikuti pelatihan ini bisa lulus, sehingga sertifikat yang didapatkan nanti bisa digunakan untuk akreditasi
Purwokerto (ANTARA) - Dua lembaga internal Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yakni Languange Development Center (LDC) serta Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LPMPAI) mendapatkan pelatihan ISO 9001-2015 untuk meningkatkan kemampuan audit.

Pelatihan yang diselenggarakan di Ruang Sidang, Gedung Rektorat UMP, 26-27 Desember 2019, itu digelar seiring dengan akan diadakannya penilaian eksternal yang berstandar internasional.

Ketua LPMPAI UMP Abdul Haris M., S.T., M.T. mengatakan pelatihan tersebut merupakan satu tahap dalam proses sertifikasi ISO 9001-2015, sedangkan tahap berikutnya berupa audit internal bagi kedua lembaga yang telah diberikan pelatihan sebelumnya dan nantinya berlanjut pada audit eksternal.

Dalam hal ini, kata dia, pelatihan tersebut diperlukan untuk mengembangkan kemampuan audit, terutama dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan audit yang efektif dalam bidang sistem manajemen mutu, agar suatu lembaga atau organisasi dapat mencapai tujuannya.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Purwokerto berkomitmen ciptakan dokter yang unggul

Menurut dia, kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 29 orang dari perwakilan lembaga internal LDC dan LPMPAI itu juga mengundang trainer berkualitas dari lembaga Sinergi Consulting yang telah berpengalaman memberikan pelatihan ISO 9001-2015, yakni Satria Redana.

"Harapannya para peserta yang mengikuti pelatihan ini bisa lulus, sehingga sertifikat yang didapatkan nanti bisa digunakan untuk akreditasi," katanya.

Senada dengan Ketua LPMPAI, Sekretaris LDC Aldias Surya Dadari, M.Pd. mengatakan pelatihan tersebut berguna untuk menghadapi sertifikasi eksternal ISO 9001-2015 yang akan segera dilakukan LDC dan LPMPAI. 

"Acara ini juga untuk saling mengaudit dulu. Apakah dokumen-dokumen yang dipersiapkan dua lembaga yang mengikuti pelatihan sudah baik atau belum baik untuk sertifikasi," pungkasnya.  (riz)

Baca juga: UMP luncurkan Pusat Studi Dakwah Komunitas
Baca juga: UMP satu-satunya PTM yang dirikan Pusat Studi Cabang dan Ranting Muhammadiyah

 
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar