SEA Games, Timnas U-22 Indonesia taklukkan Thailand 2-0

id Gol Egy Maulana ,Osvaldo Haay,SEA Games 2019

SEA Games, Timnas U-22  Indonesia taklukkan Thailand 2-0

Pemain Timnas U-22 Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas U-22 Thailand dalam penyisihan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta (ANTARA) - Gol Egy Maulana dan Osvaldo Haay berhasil membawa tim nasional U-22 Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 2-0 di laga Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa.

Gol Egy Maulana Vikri hadir di menit keempat, sementara gol Osvaldo datang di menit ke-87.

Di laga tersebut, timnas U-22 Indonesia tampil menggebrak sejak menit awal. Skuat asuhan pelatih Indra Sjafri itu langsung menciptakan gol di kesempatan pertamanya.

Egy Maulana berhasil melesakkan bola ke dalam gawang Thailand memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang.

Tertinggal cepat 1-0 membuat Thailand terkejut dan berusaha membuat gol balasan.

Baca juga: Egy bawa timnas U-22 Indonesia ungguli Thailand 1-0 babak pertama

Akan tetapi, skuat asuhan Akira Nishino itu belum bisa menyamakan kedudukan. Dua peluang tepat sasaran Thailand berhasil ditepis oleh kiper Indonesia Nadeo Argawinata.

Indonesia yang mengandalkan ketangguhan lini tengah, yang diisi Evan Dimas serta Zulfiandi, dan kecepatan Saddil Ramdani serta Egy Maulana Vikri hampir membuat gol kedua seandainya tendangan Evan Dimas di dalam kotak penalti Thailand melambung pada menit ke-16.

Tidak ada gol yang hadir sampai laga memasuki masa jeda. Indonesia sementara memimpin 1-0.

Di awal paruh kedua, Indra Sjafri mengganti Egy Maulana dengan Feby Eka Putra. Sementara Thailand memasukkan penyerang terbaiknya Supachok Sarachat.

Baca juga: Evan Dimas-Zulfiandi masuk "starting eleven" kontra Thailand

Hasilnya, Thailand tampil lebih baik dan lebih menguasai pertandingan. Mereka mengurung pertahanan Indonesia dan membuat skuat Garuda Muda hanya mengandalkan serangan balik.

Meski demikian, serangan balik Indonesia cukup tajam. Setidaknya tiga kali percobaan Indonesia dari "counter attack" menghasilkan percobaan tepat sasaran dan salah satunya menjadi gol.

Yang pertama, tendangan Asnawi Mangkualam yang menyisir dari sisi kiri pertahanan Thailand dan melepaskan tendangan, tetapi membentur mistar gawang.

Selanjutnya, di menit ke-84, serangan balik tidak bisa dituntaskan Feby Eka setelah bola sepakannya ditepis kiper Thailand Nont Muangngam.

Skema serupa baru berbuah gol di menit ke-87. Saddil Ramdani yang mendapatkan umpan terobosan berlari sendirian di sisi kanan Thailand mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti. Di sana, Osvaldo Haay, yang masuk mengganti Muhammad Rafli, tinggal memasukkan bola ke gawang Thailand.

Baca juga: Timnas U-22 Indonesia punya tiga senjata taklukkan Thailand

Baca juga: Timnas U-22 Indonesia asah 'set piece' untuk bungkam Thailand


Meski wasit Ismaeel Habib Ali memberikan tambahan waktu lima menit, tidak ada gol yang datang dari Thailand. Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 2-0.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-22 Thailand: Nont Muangngam-pg, Thitathorn Auksornsri, Shinnaphat Leeaoh, Srayut Sompim, Saringkan Promsupa, Anon Amornlertsak (kapten), Jaroensak Wonggorn (80’, Wisarut Imura), Chatmongkol Tongkiri (46’, Supachok Sarachat), Kritsada Kaman, Supachai Chaided, Suphanat Mueanta (46’, Sittichok Paso).

Timnas U-22 Indonesia: Nadeo Arga Winata-pg, Andy Setyo (kapten), Bagas Adi, Asnawi Mangkualam, Firza Andika, Evan Dimas Darmono (59’, Rachmat Irianto), Syahrian Abimanyu, Zulfiandi, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri (46’, Feby Eka Putra), Muhammad Rafli (68’, Osvaldo Haay).
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar