Tanah longsor di Banjarnegara, satu tewas

id longsor tanggul irigasi,banjarnegara

Tanah longsor di Banjarnegara, satu tewas

Sejumlah relawan memasang terpal penutup tanggul darurat yang dipasang di lokasi longsor tanggul irigasi di Kelurahan Parakancanggah, Banjarnegara, Jateng, Sabtu (02/11/2019). Tanggul irigasi setinggi 15 meter dan lebar 15 meter longsor menimpa tiga rumah dan mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia, yang dipicu luapan aliran irigasi akibat hujan deras sepanjang hari pada Jumat (01/11/2019). ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/hp.

Banjarnegara (ANTARA) - Tanah longsor terjadi di Kelurahan Parakancanggah, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara di Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu (2/11) pagi dan menyebabkan satu orang pria atas nama Winoto (45) meninggal dunia.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu, tanah longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi dan adanya saluran irigasi yang jebol.

Peristiwa itu juga menyebabkan dua orang pria mengalami luka berat atas nama Sabar dan Darto dan sedang mendapatkan perawatan.

Kejadian itu juga mengakibatkan satu unit rumah tertimbun tanah longsor dan satu unit rumah rusak ringan.

Merespons bencana itu, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan kaji cepat.

Tim juga mengevakuasi korban yang tertimbun material longsor dan membawa korban ke RSUD Kabupaten Banjarnegara untuk menerima perawatan.

Korban meninggal dunia telah dievakuasi sekitar pukul 07.45 WIB. Tim gabungan dari TNI, Polri dan relawan melakukan pembersihan material longsor.

 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar