Puncak arus mudik di Merak diperkirakan Sabtu malam

id Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, pelabuhan merak, pelabuhan bakauheni, puncak arus mudik 2019,mudik lebaran

Puncak arus mudik di Merak diperkirakan Sabtu malam

Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol Ari Dono Sukmanto memberikan keterangan usai memantau Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (31/4/2019). (ANTARA/Dyah Dwi)

Cilegon, Banten (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol Ari Dono Sukmanto memperkirakan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni pada Sabtu (1/6) malam.

"Ini liburnya agak panjang yang bolos atau yang memang sudah curi start itu sudah kemarin, sudah berangkat. Nah yang disiplin hari ini masih ngantor. Jadi kemungkinan nanti malam ada arus puncak, besok malam," ujar Ari Dono Sukmanto di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat.

Dari laporan Kapolda Banten, tutur Wakapolri, beberapa hari terakhir terdapat peningkatan kendaraan yang melintas, untuk kendaraan roda empat meningkat 56 persen, sementara peningkatan kendaraan roda dua lebih dari 200 persen.

Ari Dono mengatakan jalur Merak-Bakauheni adalah jalur mudik yang sudah dipastikan akan padat sehingga mental pemudik sudah siap apabila menghadapi kemacetan.

Namun, untuk kenyamanan pemudik, pemerintah sudah menyiapkan sejumlah fasilitas seperti tenda agar pemudik dengan roda dua tidak kepanasan, kipas angin dengan selang air dan toilet mobile di ruas-ruas tol sebelum Pelabuhan Merak.

"Saya melihat pelayanan dari pelabuhan dan pemerintah daerah itu cukup signifikan untuk kesiapan fasilitas-fasilitas yang ada," ujar Ari Dono.

Terkait pengamanan, selain 1.700 personel gabungan, alat bantu seperti CCTV sudah dipasang di semua sudut untuk pencegahan tindakan teror serta kejahatan konvensional.

Diharapkannya dengan pemasangan CCTV di berbagai sudut itu, orang yang berniat jahat mengurungkan niatnya untuk tidak melakukan kejahatan.

"Untuk satuan khusus, pasti kami siapkan untuk antisipasi kalau terjadi sesuatu bisa cepat segera bertindak, tetapi insyaAllah tidak ada yang terjadi," ucap Wakapolri.

Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar