Dana desa berperan dalam pembangunan infrastruktur

id dana desa

Dana desa berperan dalam pembangunan infrastruktur

Agrowisata di Desa Serang (dok. pribadi)

Purbalingga (ANTARA) - Kepala Desa Serang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Sugito menilai dana desa berperan strategis dalam mendukung pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan rakyat di perdesaan.

"Program dana desa yang diluncurkan oleh pemerintah membantu sekali, khususnya untuk mendukung pembangunan infrastruktur di desa," katanya di Purbalingga, Senin.

Dia mengatakan, salah satu program yang dilaksanakan dengan dukungan dari dana desa di wilayah setempat adalah pembangunan infrastruktur jalan.

"Kami membangun infrastruktur jalan di lingkungan penduduk dengan tujuan untuk memudahkan akses warga dalam berinteraksi dengan warga lain," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya melakukan pembangunan jalan pertanian untuk mengangkut sarana produksi warga dan hasil-hasil pertanian di area setempat.

"Dengan demikian maka otomatis biaya produksi pertanian dapat ditekan dan pada akhirnya akan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani yang ada di wilayah setempat," katanya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pembangunan jaringan air bersih guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga melakukan program pemberdayaan masyarakat dalam rangka memberikan modal usaha kepada kelompok masyarakat.

"Dengan demikian, program dana desa menurut saya berperan sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga dalam menekan  angka kemiskinan. Desa Serang tahun 2019 ini baru menerima sekitar Rp1,5 miliar dana desa, dan menurut kami sangat membantu kegiatan pembangunan di desa kami," katanya.

Dia mengatakan, jumlah penduduk di Desa Serang, Purbalingga adalah sebanyak 8.543 jiwa yang terdiri dari 2.453 kepala keluarga. Desa serang, tambah dia, juga terdiri dari lima dusun, delapan RW dan juga 48 RT.
 

Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar