Gandeng Qualcomm, Nokia bakal punya ponsel 5G?

id Qualcomm Incorporated ,Nokia,ponsel 5G

Gandeng Qualcomm, Nokia bakal punya ponsel 5G?

Pengunjung berjalan melewati sebuah video pameran yang mempromosikan konektivitas 5G di booth Qualcomm saat CES 2019 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 8 Januari 2019. (REUTERS/Steve Marcus)

Jakarta (ANTARA) - Qualcomm Incorporated menandatangani perjanjian lisensi paten dengan HMD GLobal Oy untuk perangkat yang dapat terkoneksi dengan jaringan termasuk 5G.

“Qualcomm sangat senang dapat menandatangani kerjasama lisensi paten 3G, 4G dan 5G dengan HMD Global yang dibangun di atas kemitraan teknologi yang erat dan telah terjalin sebelumnya," kata Executive Vice President and President Qualcomm Technology Licensing, Alex Rogers, dalam keterangan resmi, Selasa.

Perjanjian yang ditandatangani di San Diego, Amerika Serikat, tersebut berlaku secara global, meliputi perangkat yang hanya dapat tersambung ke satu jaringan, hanya 3G, 4G atau 5G saja atau dikenal sebagai perangkat single-mode.

Baca juga: Nokia dan Oppo sepakati perjanjian paten multi-tahun

Perjanjian lisensi paten ini juga mencakup perangkat multi-mode yang dapat menggunakan berbagai jaringan seluler. Perangkat-perangkat tersebut akan diproduksi dan dipasarkan dalam merk Nokia.

HMD Global saat ini merupakan pemegang lisensi untuk ponsel Nokia.

Qualcomm, berdasarkan perjanjian kerja sama tersebut memberikan hak pada HMD Global untuk menggunakan paten mereka untuk mengembangkan, memproduksi dan menjual perangkat utuh yang terhubung dengan jaringan seluler, baik single-mode maupun multi-mode.

“Kolaborasi kami dengan Qualcomm memungkinkan kami membawa inovasi terdepan yang ada di pasar, dan juga di saat yang sama membuktikan janji kami pada konsumen," kata CEO HMD Global, Florian Seiche, dalam keterangan yang sama.

Baca juga: Nokia: 70 persen operator fokus ke 5G

 

Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar