Semarang (ANTARA) - Universitas Semarang (USM), melalui unit kemahasiswaan dan alumni, membangun karakter (character  building) bagi mahasiswa penerima KIP-K tahun 2024, pada 27--29 September 2024, di Yonif Raider 400 Banteng Raiders, Banyumanik, Semarang.

Kegiatan tersebut dalam upaya mendukung pengembangan mahasiswa penerima KIP Kuliah (KIP-K) agar tidak hanya berprestasi di bidang akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan siap berkontribusi positif bagi bangsa.

Adapun materi yang disampaikan pada acara tersebut mencakup berbagai topik penting, di antarannya, Dr Any Setyorini, SE, MM, dengan  membawakan materi berjudul "Kreativitas dalam Bingkai Ilmiah," yang mendorong mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas melalui karya ilmiah.

Sementara itu, Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi, SHI, MH, memberikan motivasi dalam materi "Menggapai Kesuksesan dalam Keterbatasan," yang mengajarkan cara meraih kesuksesan meski dalam situasi terbatas. 

Kemudian Ketua Pengurus Beasiswa USM, Fahrudin Ahmad ST, MT, menyampaikan materi "Penjelasan Hak dan Kewajiban Kuliah KIP-K," yang menjelaskan Hak dan tanggung jawab mahasiswa sebagai penerima beasiswa KIP-K. Helen Intania Surayda SH MH melengkapi dengan materi "Motivasi dan Etika," yang memotivasi mahasiswa untuk menjunjung tinggi etika dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, Anantya Roestanto, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, yang mewakili Wakil Rektor III USM, menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa KIP-K, yang berasal dari berbagai latar belakang budaya dan suku, untuk memiliki etika, adab, dan tanggung jawab yang baik. 

"Harapannya, mereka bisa berubah menjadi lebih sopan dan bertanggung jawab, baik terhadap diri sendiri maupun lingkungannya, serta lulus tepat waktu," ujarnya.

Selain itu, Anantya menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan bentuk kerja sama antara USM dan Batalyon Raider 400 Banteng Raiders. 

“Kami sangat berterima kasih kepada Komandan Batalyon 400 Banteng Raiders yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Harapannya, sinergi ini dapat terus memperkuat kerja sama untuk mencetak mahasiswa yang berkarakter kuat dan berprestasi," tambahnya.

Sementara itu, Serda Eko Pramono dari Yonif Raider 400 Banteng Raiders menekankan pentingnya kedisiplinan dan pengelolaan waktu dalam kegiatan ini. "Tujuannya adalah membentuk karakter mahasiswa agar mampu mengatur waktu dengan baik. Saya melihat semangat mahasiswa Universitas Semarang untuk belajar dan mencoba hal baru sangat tinggi, meskipun mereka belum pernah mempelajari beberapa materi sebelumnya," ujar Eko. Ia berharap Universitas Semarang terus berjaya dan membanggakan.

Lebih lanjut, Fahrudin Ahmad ST MT, Ketua Beasiswa USM yang juga menjadi pemateri, menjelaskan bahwa tujuan utama character  building ini adalah pembentukan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

"Mahasiswa diharapkan memiliki perilaku baik, semangat patriotisme yang kuat, dan cinta terhadap NKRI. Selain itu, mereka juga perlu memiliki tanggung jawab yang besar dan semangat belajar yang tinggi untuk berprestasi di kampus," jelasnya.

Sementara itu, Dr Any Setyarini, salah satu pemateri, turut menekankan pentingnya kreativitas bagi mahasiswa baru. 

"Kreativitas tidak hanya dibutuhkan dalam hal-hal sehari-hari, tapi juga harus dituangkan dalam bentuk karya ilmiah. Saya berharap mahasiswa termotivasi untuk menciptakan karya-karya inovatif yang bisa bermanfaat bagi masyarakat luas," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubag Kemahasiswaan USM, Sudarmono SE MM, juga menegaskan harapannya agar mahasiswa penerima beasiswa dapat lebih aktif dan disiplin.

"Saya berharap ke depan mereka bisa menjadi bagian dari organisasi mahasiswa dan berprestasi, khususnya dalam bidang akademik," ucapnya. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024