Temanggung (ANTARA) - Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Universitas Tidar (Untidar) Magelang menyelenggarakan pembinaan kebudayaan bagi kelompok kesenian karawitan di Desa Nampirejo, Kabupaten Temanggung.

Ketua PPK Ormawa Untidar, Samuel Yoga Muliawan Wardoyo, di Temanggung, Kamis, menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberdayakan dan meningkatkan kebudayaan yang ada sebagai upaya menjaga kelestarian warisan budaya, salah satunya yakni karawitan.

Ia menuturkan kegiatan pembinaan karawitan merupakan salah satu agenda dalam rangkaian program kerja PPK Ormawa Untidar yang berfokus pada peningkatan untuk sektor kesenian.

Kegiatan tersebut melibatkan masyarakat Desa Nampirejo yang terdiri atas pemuda, kelompok kesenian karawitan. Kegiatan pembinaan diawali dengan pembersihan yang dilanjutkan latihan bersama.

Samuel menyampaikan dorongan semangat kepada kelompok karawitan dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang sedang dilakukan.

Ia menyampaikan harapan agar ilmu yang telah dibagikan dapat dipraktikkan serta memiliki manfaat luas bagi masyarakat setempat, khususnya kelompok kesenian karawitan Nampirejo.

Penggerak kelompok kesenian karawitan Desa Nampirejo, Yoko, menyampaikan harapan kesenian karawitan ini dapat terus berjalan dan berkembang ke depannya.

Masyarakat terlihat sangat antusias dalam sesi latihan tersebut mengingat sudah lama tidak melakukannya. Latihan ini didukung oleh perangkat desa dengan memfasilitasi alat musik karawitan.

Yoko menjelaskan, mengenai alat yang digunakan merupakan milik desa, sehingga diharapkan masyarakat dapat memaksimalkan penggunaannya.

"Latihan yang sudah dimulai lagi saat ini diharapkan akan terus berlanjut dan dapat meningkatkan skill masyarakat sehingga kelompok kesenian karawitan dapat dikenal oleh masyarakat luar," katanya.

Baca juga: Untidar berangkatkan 1.593 mahasiswa KKN

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024