Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) melalui berbagai program. 

Hal ini ditegaskan oleh General Manager Kilang Cilacap Edy Januari Utama usai menghadiri puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024 di Gedung Patra Graha, Cilacap, Rabu (26/6).

Edy menjelaskan bahwa berbagai program P4GN di internal perusahaan meliputi pemeriksaan dua kali dalam setahun dan sosialisasi bahaya narkoba. 

"Tes Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Obat Terlarang) dilakukan terhadap seluruh pekerja dan mitra, sekitar 3.000 orang, melalui tes urine yang bekerjasama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) Kabupaten Cilacap," ujarnya.

Selain itu, sosialisasi bahaya narkoba dilakukan secara rutin di seluruh wilayah kerja Kilang Cilacap. "Sosialisasi dilakukan melalui seminar, penyebaran informasi, maupun healthy talk yang bertujuan mengingatkan para pekerja untuk bersama-sama memerangi penyalahgunaan narkoba," katanya.

Edy menambahkan bahwa dukungan terhadap puncak peringatan HANI 2024 yang dimotori oleh BNN Kabupaten Cilacap di gedung Patra Graha juga menjadi bukti kolaborasi yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan. 

"Kampanye P4GN merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk kami dari Kilang Cilacap yang turut bersinergi mendukung suksesnya kegiatan ini,” imbuhnya.

Puncak HANI 2024 dihadiri oleh Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri serta pejabat Forkopimda Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen sebagai wilayah kerja BNN Kabupaten Cilacap. 

"Kami sampaikan dukungan terhadap BNN dalam upaya P4GN, khususnya di Cilacap dan Kebumen,” kata Pj Bupati.

Baca juga: Dukung kebugaran pekerja, Kilang Cilacap tambah fasilitas pusat kebugaran

Awaluddin berharap dengan sinergi yang baik antarpemangku kepentingan, penyalahgunaan narkotika sebagai kejahatan luar biasa bisa semakin ditekan. 

“Momentum ini semoga semakin menguatkan misi kita menjadikan Kabupaten Cilacap dan Kebumen semakin Bersinar (Bersih dari Narkoba),” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kepala BNN Kabupaten Cilacap Kombes Pol Dinnar Widargo menyatakan bahwa pemberantasan penyalahgunaan narkoba membutuhkan peran serta semua pihak. 

"Terlebih Kabupaten Cilacap dan Kebumen merupakan wilayah pesisir yang berpotensi menjadi jalur masuknya barang-barang terlarang tersebut melalui jalur laut,” jelasnya.

Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama bergerak dalam upaya P4GN. "Sejalan dengan tema HANI 2024, Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar," katanya.

Acara ditutup dengan menyaksikan bersama puncak peringatan HANI 2024 secara virtual bersama Presiden RI Joko Widodo di Kota Dumai, Kepulauan Riau.

Baca juga: PWP Cilacap dorong kaum perempuan optimalkan digitalisasi
Baca juga: Operasional Kilang Cilacap berlangsung lancar selama momentum Idul Adha
Baca juga: Kilang Pertamina Cilacap salurkan 106 hewan kurban

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024