Cilacap (ANTARA) - Tanggung jawab besar dalam mengelola Kilang Cilacap sebagai yang terbesar dan terlengkap di Indonesia harus didukung dengan kesehatan dan stamina prima para pekerja Pertamina. 

Oleh karena itu, berbagai program kesehatan serta penambahan fasilitas dan sarana kesehatan terus dilakukan.

Terbaru, area pusat kebugaran "Platinum Fitness Center" dibuka dan diresmikan penggunaannya oleh General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap Edy Januari Utama, Rabu (12/6/2024). 

Platinum Fitness Center ini berada di kompleks Perumahan Pertamina Tegalkatilayu, Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap.

GM PT KPI RU IV Cilacap Edy Januari menyambut baik inisiatif para pekerja yang terus melengkapi fasilitas dan sarana kesehatan untuk mereka dan keluarga. 

"Saya yakin semuanya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hidup lebih sehat dengan banyak bergerak. Semoga ini bisa dioptimalkan penggunaannya untuk mendukung produktivitas perusahaan," katanya.

Edy juga menambahkan bahwa pola hidup sehat diyakini akan mendukung pencapaian target-target perusahaan yang manfaatnya kembali kepada pekerja. 

"Kehadiran Platinum Fitness Center semakin melengkapi fasilitas fitnes yang sebelumnya sudah ada di komplek perumahan Pertamina Donan dan Gunung Simping," katanya.

Baca juga: PWP Cilacap dorong kaum perempuan optimalkan digitalisasi

Pejabat Sementara (Pjs) Manager Heath, Safety, Security, and Environment (HSSE) Kilang Cilacap Adi Firmansyah menyampaikan bahwa peresmian pusat kebugaran tersebut diharapkan dapat semakin menjaga performa pekerja dalam mengoperasikan kilang melalui percepatan Daily Check Up (DCU). 

"Fit to work - DCU, yaitu pengecekan kesehatan rutin pekerja untuk meningkatkan efektivitas dan mempercepat proses pengecekan kesehatan," katanya.

Lebih lanjut, Adi menyebutkan bahwa hal itu juga didasari oleh tingginya antusiasme pekerja dalam mengikuti tantangan Sehat Bugar Senang (Sebuse) 2024. 

"Kebetulan pada program Sebuse tahun ini dimodifikasi dengan program Happy Fitness. Ini dukungan nyata untuk suksesnya program itu," ungkapnya.

Kegiatan peresmian diawali dengan jalan sehat tim manajemen perumahan Pertamina Gunung Simping menuju Tegalkatilayu, Tegalkamulyan. 

Pada kesempatan yang sama, juga diresmikan gedung DCU Fit Amanah Center di Gate 1, DCU Fit Harmonis & Adaptif di Gate Bravo, dan Gedung DCU Kolaboratif di Gate Area 70.

Peresmian Platinum Fitness Center ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh GM PT KPI RU IV Cilacap Edy Januari Utama yang kemudian diserahkan kepada Pjs. Manager HSSE, Adi Firmansyah. Kegiatan ditutup dengan penandatanganan prasasti oleh GM, disaksikan SMOM Hermawan Budiantoro, dan tim manajemen.

Baca juga: Operasional Kilang Cilacap berlangsung lancar selama momentum Idul Adha
Baca juga: Kilang Pertamina Cilacap salurkan 106 hewan kurban
Baca juga: Kilang Cilacap sosialisasikan GCG-Fraud Awareness wujudkan komitmen antisuap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024