Semarang (ANTARA) - Penjabat (Pj.) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri secara simbolis memberikan Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (BLT DBHCHT) kepada buruh pabrik rokok warga Kota Tegal di Pendopo Ki Gede Sebayu, Kamis (6/6/2024). 

Pj. Wali Kota Tegal, Dadang Somantri menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah atas bantuan yang diberikan kepada para buruh pabrik rokok di Kota Tegal.

‘’Bantuan tentunya dapat meringankan beban para buruh dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, bantuan dalam bentuk tabungan juga bisa memotivasi para buruh untuk menabung, jika memang memiliki dana lebih,’’ kata Dadang.

Dadang Somantri berpesan kepada penerima bantuan agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. DBHCHT juga bisa diperuntukkan bagi program pemberdayaan. Jadi para buruh juga dapat mengikuti pelatihan-pelatihan seperti membatik, membuat kuliner, kue dan lain sebagainya, yang dapat menjadi bekal para buruh kelak jika ingin berwirausaha.

Pj. Wali Kota berharap penyaluran DBHCHT di Kota Tegal dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat. Pemerintah Kota Tegal juga terus berkomitmen memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Kota Tegal Bajari dalam laporannya menyebutkan bantuan DBHCHT merupakan bagian dari program pemerintah untuk membantu para buruh pabrik rokok, khususnya mereka warga Kota Tegal.

"Bantuan tersebut berupa tabungan sebesar Rp300 ribu per bulan. DBHCHT merupakan bagian dari dana yang dibayarkan kepada Pemerintah Daerah setiap tahunnya oleh pabrik rokok. Pada tahun ini, DBHCHT yang diterima untuk Pemerintah Kota Tegal mencapai angka yang cukup besar, yaitu sebesar Rp1 miliar," sebut Bajari.

Bajari juga mengutarakan ada ratusan buruh pabrik rokok yang berada di wilayah Kota Tegal menerima BLT DBHCHT. Pada tahap satu ini yakni untuk Maret dan April diberikan bagi 224 orang, sedangkan untuk tahap dua dan tahap tiga akan diberikan untuk bulan Mei, Juni, Juli dan Agustus 2024.

Salah satu penerima BLT DBHCHT, Ira asal Kelurahan Slerok menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diperoleh dan bantuan tersebut rencananya digunakan untuk permodalan dan membantu kebutuhan sekolah anak.

‘’Bantuan ini bisa buat modal usaha sampingan karena beberapa waktu telah mengikuti kursus wirausaha dan ini juga bisa meringankan beban pembayaran sekolah anak,’’ kata Ira.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024