Cilacap (ANTARA) - Sebanyak 450 penggemar burung atau kicau mania turut memeriahkan lomba burung kicau di lapangan Head Office PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Minggu (14/5).

Kegiatan yang melibatkan komunitas Seduluran Ngapak Murai (SMN) itu menjadi rangkaian kemeriahan Hari Ulang Tahun Ke-20 Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijayakusuma (SPP PWK) Cilacap.

Ketua Panitia Ridan mengatakan kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan SPP PWK itu menjadi ajang silaturahmi para kicau mania di Cilacap dan wilayah lain di Jawa Tengah dan level nasional. 

"Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa cinta para pekerja di wilayah RU IV terhadap burung kicau. Harapannya, hobi ini akan semakin berkembang karena perputaran ekonomi yang sangat baik," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan ratusan peserta berasal dari Jakarta, Pekalongan, Balongan, Semarang, Kudus, Magelang, Wonosobo, dan Yogyakarta. 

Baca juga: Gubernur Jateng apresiasi dua program EBT binaan Kilang Cilacap

"Lomba terbagi 3 jenis burung, yakni Murai Batu, Kacer, dan Cucak Ijo dengan 4 kelas, yakni SMN, SPP PWK, Pertamax, dan Pertadex. Terima kasih kepada manajemen PT KPI RU IV yang ikut memfasilitasi kegiatan hari ini," kata Ridan.

Ketua Umum SPP PWK Cilacap Titok Dalimunthe mengatakan lomba tersebut sebagai sarana mengakomodasi hobi para pekerja RU IV pada burung berkicau, sehingga dapat bersaing dengan para penggemar burung dari luar. 

"Diharapkan dengan kesediaan perusahaan mengakomodasi hobi ini, akan memberikan banyak manfaat baik bagi perusahaan maupun teman-teman pecinta burung kicau," jelasnya.

Sementara dalam sambutannya, General Manager PT KPI RU IV Cilacap Edy Januari Utama mengatakan secara prinsip perusahaan selalu mendukung kegiatan SPP PWK yang selalu positif dan penuh terobosan. 

"Jika memang penggemar burung berkicau banyak dan bisa diakomodasi, kami mendukung. Ini bisa menjadi wadah silaturahmi antara pekerja dan stakeholder di wilayah RU IV," tegasnya.

Pembukaan lomba ditandai pelepasan ratusan burung sebagai simbol cinta lingkungan dan konservasi alam oleh GM Edy Januari Utama didampingi Senior Manager Operation and Manufacturing Hermawan Budiantoro, tim manajemen, dan Ketua Umum SPP PWK Titok Dalimunthe. Lomba semakin meriah dengan kehadiran selebgram, Umi Kasum.

Baca juga: Mahasiswa ITS Surabaya kunjungi Kilang Cilacap
Baca juga: Kilang Cilacap luncurkan program "Sebuse" demi kebugaran pekerja

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024