Semarang (ANTARA) -
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Majapahit melakukan penandatanganan kerja sama dengan kantor Perisai Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) sekaligus memberikan edukasi mengenai pencairan jaminan dengan tidak melalui calo.
 
Penandatanganan kerja sama dilakukan Rabu, tanggal 8 Maret 2023 di Kabupaten Grobogan yang dihadiri Amin Rois Abdul Ghoni Presidium Majelis Daerah KAHMI Grobogan, Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Majapahit Noviana Kartika Setyaningtyas beserta jajaran dan Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Grobogan Ida Setyawati.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Semarang Majapahit serahkan santunan ke ahli waris perawat
 
Agen Perisai adalah agen yang bertugas mengedukasi, mensosialisasi, serta memberikan pemahaman tentang Program BPJAMSOSTEK kepada masyarakat umum di desa atau kelurahan untuk memperluas cakupan kepesertaan pekerja informal dan pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) atau agen penggerak jaminan sosial yang bertugas melakukan sosialisasi, akuisisi, edukasi, menerima pendaftaran, kemudian mengumpulkan iuran dan pengelolaan kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
 
Keagenan Perisai merupakan upaya BPJAMSOSTEK meningkatkan kepesertaan di sektor semua pekerja informal (bukan penerima upah/BPU) seperti pedagang kaki lima, pedagang, petani, nelayan, pekerja hiburan malam, asisten rumah tangga, dan sebagainya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan tanggung seluruh biaya perawatan peserta korban Plumpang
 
Dalam sambutannya Noviana Kartika Setyaningtyas selaku Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Majapahit menyambut baik dan mengapresiasi atas kerja sama itu.
 
“Saya berharap dengan adanya kerja sama ini , coverage untuk pekerja informal di Kab Grobogan semakin meningkat. Saya juga menekankan kembali kepada para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ada di wilayah Kabupaten Grobogan agar dalam mengurus pencairan santunan untuk dapat dilakukan sendiri jangan melalui calo karena BPJS Ketenagakerjaan sudah berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan untuk proses nya sekarang sangat mudah," kata Ovie.
 
Ida Kepala BPJAMSOSTEK Grobogan menyampaikan besar harapan dari kerjasama ini, dapat bersinergi dengan baik antara BPJS Ketenagakerjaan dan KAHMI Grobogan.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Semarang Majapahit serahkan santunan dan kartu kepesertaan ke pekerja rentan

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024