Semarang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kebumen memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) dan penandatanganan perjanjian kerja sama penyelenggaraan pelayanan telah dilaksanakan pada Rabu (15/3/2023).
 
perjanjian kerja sama penyelenggaraan pelayanan MPP tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dengan para kepala instansi atau perangkat daerah penyelenggara.
 
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam kesempatan tersebut berharap pelayanan MPP tidak sekadar nama dan tidak memberikan dampak baik.
 
"Pelayanan menjadi satu pintu. Itu harus dipertahankan dan ditingkatkan. Mudah-mudahan masyarakat yang membutuhkan informasi lebih bisa langsung ke MPP," kata Arif.
 
Arif mengingatkan dengan pelayanan MPP, maka masyarakat bisa mendapatkan pelayanan secara efektif, tidak bertele-tele. 
 
"Jangan sampai hanya satu pintu tetapi banyak jendela. Harus dijaga betul," kata Arif.
 
Arif berharap keberadaan pelayanan MPP menjadikan pelayanan di Kabupaten Kebumen menjadi terbuka dan semakin lebih baik lagi.
 
Sejumlah instansi yang tergabung dalam MPP Kebumen masuk di antaranya adalah BPJS Ketenagakerjaan.
 
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cilacap Yudi Amrinal menyambut baik adanya pelayanan MPP tersebut dan berharap masyarakat pekerja semakin banyak yang mengetahui Program BPJS Ketenagakerjaan dan menjadi peserta.
 
"Masyarakat pekerja atau pun perusahaan bisa langsung mengurus kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan langsung dari MPP," kata Yudi.
 
Dengan hadirnya BPJS Ketenagakerjaan di MPP Kebumen, katanya, dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan, karena sejumlah pelayanan juga dilakukan di stan BPJS Ketenagakerjaan Kebumen yang ada di MPP.
 
Yudi Amrinal mengatakan dengan adanya Mall Pelayanan Publik di Kebumen, akan memudahkan masyarakat Kabupaten Cilacap untuk mendapatkan informasi terkait program, berikut memproses pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan. 
 
"Jadi untuk proses pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan tidak harus ke Kantor (BPJS Ketenagakerjaan), tetapi bisa juga dilakukan di MPP," ujar Yudi.
 
Untuk tahap awal, Yudi menambahkan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan di MPP Kebumen baru bisa melayani pemberian informasi dan proses pendaftaran peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024