Magelang (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Apel Komandan Satuan 2023 di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. yang dibuka Panglima TNI Laksamana Yudo Margono diikuti Kasad, Kasal, dan Kasau.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Magelang, Minggu, mengatakan seluruh jajaran Komandan TNI seluruh Indonesia hari ini bersama-sama datang di Magelang guna menggugah kembali bahwa awalnya semua dari  Lembah Tidar Magelang.

"Kegiatan ini untuk menjalin kembali silaturahim, koordinasi, soliditas, serta sinergi antara TNI Angkatan Darat, Laut, dan Udara guna menyongsong tugas-tugas ke depan dengan Polri dan komponen seluruh bangsa lain, seperti bidang intel, personel, operasi, logistik, pengawasan, reformasi birokrasi, dan lainnya sehingga ke depan TNI harus lebih baik," katanya.

Panglima TNI menyampaikan pesan khusus kepada Taruna Akmil agar fokus, disiplin, dan teguh pendirian sebagai taruna dalam menjalani pendidikan sehingga dapat menjadi generasi penerus di masa depan.

Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko menjelaskan rangkaian kegiatan Apel Komandan Satuan 2023 berlangsung selama tiga hari, 27-29 Januari 2023, diawali dengan registrasi peserta Apel Dansat TNI 2023  di Resimen Taruna Akademi Militer selanjutnya menuju flat yang telah disiapkan.

Kegiatan pada hari kedua seluruh peserta Apel Dansat menuju Lapangan Mentar Akmil untuk melaksanakan Senam SKJ 88 dilanjutkan jalan santai keliling Kesatrian Akmil, dan berakhir di Lapangan Pancasila kemudian menuju ke Rukan Husein untuk makan pagi.

Selesai makan pagi seluruh peserta Apel Dansat menuju Gedung Moch. Lily Rochli mengikuti pembukaan dan pengarahan pejabat Mabes TNI. Pada malam hari di Gedung Muh Lily Rohly diadakan acara temu kangen.

Pada hari ketiga para peserta Apel Komando Satuan 2023 merapat di Lapangan Saptamarga untuk menyaksikan display Drumband Genderang Suling Canka Lokananta Taruna Akmil. Kemudian berfoto bersama.

Para peserta Apel Komando Satuan 2023 kemudian naik ke Puncak Bukit Tidar setelah itu menyanyikan Hymne Taruna dan turun menuju Lapangan Taruna Bakti menikmati hiburan dan ramah tamah. 

Baca juga: 360 Taruna Akmil latihan praktik jabatan di sejumlah satuan

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024