Magelang (ANTARA) - Sebanyak 360 Taruna Tingkat IV Akademi Militer (Akmil) akan mengikuti latihan praktik jabatan atau "on the job training" (OJT) di sejumlah satuan pada 12-24 Januari 2023.

Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko di Magelang, Rabu, mengatakan para taruna tingkat IV tersebut mengikuti OJT di jajaran Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Divif 1 Kostrad, dan Skadron 21/Serbu Puspenerbad.

Ia menyampaikan hal tersebut usai menerima laporan kesiapan latihan praktik jabatan/OJT Taruna Akmil Tingkat IV/Sermatutar TP 2022/2023 bertempat di Lapangan Mako Mentar yang dihadiri para pejabat distribusi Akmil, para perwira, pengasuh, dan 360 Taruna Tingkat IV.

Legowo menuturkan loatihan OJT merupakan aplikasi dari materi kepemimpinan, metode pemecahan persoalan (MPP), teknik penyelenggaraan latihan (Nikgarlat), dinas staf, dan cara memberikan instruksi (CMI) dengan penerapan langsung di satuan jajaran Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Divif 1 Kostrad, dan Skadron 21/Serbu Puspenerbad.

Menurut dia, dengan diselenggarakannya latihan OJT, diharapkan para taruna mempunyai gambaran nyata di lapangan tentang peran, tugas, dan tanggung jawab jabatan seorang komandan setingkat peleton dengan berbagai macam persoalan yang dihadapinya.

"Mengingat waktu pelaksanaan yang relatif singkat dihadapkan dengan target latihan yang harus dicapai, kami berharap taruna mampu menggunakan kesempatan yang baik tersebut untuk mengaplikasikan semua materi yang telah didapatkan di Akademi Militer." katanya.

Ia menyampaikan selama pelaksanaan latihan OJT, taruna berada di lingkungan prajurit dan keluarganya, maka taruna harus mampu menunjukkan karakter sebagai seorang taruna sekaligus calon perwira yang berperilaku bai, dalam kedinasan maupun di luar kedinasan. 

Baca juga: Laihan Praja Bakti Taruna Akmil Tingkat II di Temanggung

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024