Semarang (ANTARA) - Upaya Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah untuk membangun sinergitas dengan pihak perguruan tinggi terus dilakukan dan pada Senin (19/09) dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

Mou tersebut ditandatangani Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Yuspahruddin dengan Rektor Prof Masrukhi yang berlangsung di Ruang Rapat Gedung Rektorat Unimus.

Dalam prakatanya, Yuspahruddin mengatakan bahwa dengan adanya momentum kerja sama tersebut merupakan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk berkomitmen bersama dalam membangun dan mencerdaskan bangsa.

Bicara materi, kedua belah pihak akan menindaklanjuti MoU tersebut dengan Perjanjian Kerja Sama terkait implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kakanwil pun mengapresiasi para civitas akademika Unimus yang terlebih dahulu telah melakukan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat pada beberapa UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

“Terima kasih kami haturkan, walau belum ada MoU tapi Unimus sudah melangkah lebih dahulu melakukan pengabdian ke masyarakat seperti ke LPP Semarang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,” ujar Yuspahruddin.

Baca juga: Yuspahruddin beri penghormatan terakhir untuk Tenisia Agustin

Kakanwil mengungkapkan Kanwil Kemenkumham Jateng sangat membutuhkan kerja sama dari pihak akademisi untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi Kemenkumham kepada masyarakat, salah satunya seperti pembahasan RKUHP. Selain itu, ia pun menawarkan pendampingan di bidang Kekayaan Intelektual dengan fasilitasi pendaftaran Indikasi Geografis maupun Kekayaan Intelektual lainnya seperti merek, paten, hak cipta, dan desain Industri.

Antusiasme luar biasa diberikan oleh Rektor Universitas dengan 28 program studi tersebut. Rencananya ia dan jajarannya akan menindaklanjuti MoU tersebut dengan perjanjian kerja sama di bidang kekayaan intelektual, kesehatan, hingga terkait izin belajar ke luar negeri.

"Suatu kehormatan bagi kami sudah membangun kerja sama ini dengan Kemenkumham. Ini adalah langkah strategis yang bagus bagi kedua belah pihak untuk menjalin kerja sama," kata Rektor Unimus Prof Masrukhi.

Baca juga: PTP Kemenkumham Jateng gelar Turnamen Tenis Lapangan

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian Wishnu Daru F, dan Kepala Bagian Program dan Humas Budhiarso Widhyarsono.

Sementara itu dari pihak Unimus tampak Wakil Rektor I Budi Santosa, Wakil Rektor II Hardi Winoto, Wakil Rektor III Samsudi Rahardjo, dan Kepala Lembaga Kerjasama, Kehumasan Keprotokoleran & Urusan Internasional M. Yusuf.

Baca juga: Kemenkumham Jateng-Forhati siap bersinergi
Baca juga: Dorong belanja dalam negeri, Kemenkumham lakukan pendampingan

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024