Temanggung (ANTARA) - Operasi Zebra Candi 2021 Polres Temanggung, Jawa Tengah, berlangsung simpatik dengan membagikan bunga, boneka, dan masker kepada para pengendara kendaraan bermotor.

Kasat Lantas Polres Temanggung AKP Komang Karisma di Temanggung, Sabtu, mengatakan dalam operasi Zebra Candi 2021 kali ini petugas dituntut untuk lebih mengedepankan tindakan humanis di lapangan.

"Kami juga melakukan imbauan kepada masyarakat pengguna jalan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan." katanya.

Baca juga: Polisi suguhi sarapan pelanggar Operasi Zebra Jaya
Baca juga: Satlantas Polresta Banyumas fokus edukasi dalam Operasi Zebra 2021

Ia menyampaikan Operasi Zebra Candi 2021 digelar cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena operasi tahun ini lebih mengedepankan kegiatan yang preventif dan preemtif.

Operasi yang berlangsung di sekitar Tugu Pancasila Jalan Jenderal Sudirman tersebut dilakukan dengan cara yang unik dalam menyosialisasikan taat berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menghadirkan polisi berpakaian Captain Amerika dan badut Si Polin.

"Saat ini kami melaksanakan kegiatan razia dan sosialisasi kepada masyarakat, apabila didapati pengendara yang tertib maka kami berikan bunga, boneka atau jamu untuk meningkatkan imun," katanya.

Kemudian bagi pengguna jalan yang tidak menggunakan masker diberi masker serta diingatkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

Berdasarkan pantauannya di lapangan, katanya kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan berlalu lintas sudah bagus, akan tetapi masih banyak yang lalai akan protokol kesehatan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Temanggung untuk selalu mematuhi peraturan berlalu lintas juga selalu mentaati protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir," katanya. 
Baca juga: Operasi Zebra Candi di Kudus untuk tingkatkan kepatuhan berlalu lintas
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024