Banyumas (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPR RI Sunarna bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan berupa ikan segar kepada warga terdampak COVID-19 di Desa Pengadegan dan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Subseksi Pengawasan, Pengendalian, dan Informasi Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Yogyakarta Haryanto kepada salah seorang tokoh masyarakat, Nisam di Desa Pengadegan, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Saat ditemui wartawan, Kasubsi Pengawasan, Pengendalian, dan Informasi BKIPM Yogyakarta Haryanto mengatakan bantuan yang disalurkan tersebut berupa 600 paket ikan segar.

Baca juga: Ribuan masyarakat Boyolali terima bantuan sosial tunai

"Satu paketnya itu 2 kilogram, sedangkan jenis ikannya adalah ikan nila. Kenapa ikan nila? Ini sebagai upaya untuk membantu kelompok tani ikan nila yang tidak bisa menjual ikannya ke hotel, rumah makan dan sebagainya akibat pandemi COVID-19," jelasnya.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya menjalankan salah satu program KKP dengan membeli ikan-ikan nila tersebut untuk dibagikan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.

Menurut dia, 600 paket ikan segar itu dibagikan untuk warga terdampak COVID-19 di dua desa, yakni Pengadegan sebanyak 400 paket dan Wangon sebanyak 200 paket.

"Ikan-ikan nila ini kami beli dari kelompok tani yang berada di wilayah timur Kabupaten Kebumen," kata dia menambahkan.

Ia mengatakan program penyediaan ikan sehat bermutu untuk menanggulangi COVID-19 itu dilaksanakan di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) KKP.

Oleh karena itu, kata dia, tidak menutup kemungkinan ikan segar yang akan dibagikan tidak hanya ikan air tawar, juga ikan laut hasil tangkapan nelayan.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Pengadegan, Nisam menyampaikan terima kasih kepada anggota Komisi IV DPR RI Sunarna karena telah mengupayakan bantuan ikan segar dari KKP untuk warga Desa Pengadegan dan Wangon, Kecamatan Wangon Banyumas.

"Kebetulan beliau berasal dari Dapil (Daerah Pemilihan) Jateng VIII yang meliputi Kabupaten Banyumas dan Cilacap," kata mantan Kepala Desa Pengadegan itu.

Ia mengharapkan bantuan berupa ikan segar tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat yang terdampak COVID-19. 

Baca juga: Jumlah penerima BST di Pati belum sesuai usulan
Baca juga: 79 difabel di Pekalongan terima bantuan paket sembako

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024