Kudus (ANTARA) - Layanan tes Corona di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus menggunakan tes diagnostik cepat atau rapid diagnostic test (RDT) untuk deteksi dini COVID-19 mulai diminati masyarakat, kata Direktur Utama RS Mardi Rahayu Kudus, Pujianto.

"Hampir setiap hari ada masyarakat yang mendaftar untuk melakukan tes penyakit virus corona (COVID-19) melalui layanan 'drive thru' 'rapid test' (tes cepat) COVID-19," kata dia di Kudus, Selasa.

Ia mencatat dalam sehari terdapat 8-10 orang yang memanfaatkan layanan "drive thru" tes cepat COVID-19 menggunakan RDT itu.

Apalagi, lanjut dia, tempat pelayanan tersebut tidak di dalam rumah sakit, melainkan di halaman parkir sehingga masyarakat cukup menuju tempat tes. Bahkan, mereka yang mengendarai mobil maupun sepeda motor bisa langsung menuju lokasi.

"Jika naik mobil, tidak perlu turun karena bisa langsung dilayani di dalam mobil, termasuk bagi pengendara sepeda motor juga demikian karena pelayanannya berlangsung cepat dan tidak perlu menunggu lama," ujarnya.

Dia menjelaskan tes cepat corona tersebut sebagai alternatif dari tes swab (usap) tenggorokan yang harus mengantre lama.

Tes cepat corona tersebut, lanjut dia, sebagai upaya pemilahan ada tidaknya virus corona yang memang  dibutuhkan.

"Dilihat dari sisi akurasinya, memang tidak begitu tinggi dibandingkan swab. Tetapi, ketika hasilnya positif masyarakat bisa melakukan upaya isolasi diri maupun pemeriksaan lanjutan," ujarnya.   Untuk memanfaatkan program tersebut, warga terlebih dahulu mendaftar satu hari sebelum pemeriksaan melalui Google Form di link https://bit.ly/drivethrurapidtest.

Selanjutnya, warga menunggu konfirmasi jadwal pelaksanaan tes cepat via Whatsapp.

Setelah mendapatkan jadwal, saat hari yang ditentukan warga dipersilakan datang ke lokasi tes di RS Mardi Rahayu Kudus.

Teknik pemeriksaannya menggunakan mesin imunolserologi baru dari Korea sehingga hasilnya lebih sensitif dibandingkan dengan metode RDT dengan stik, seperti yang selama ini dilakukan.

Hasil tes akan dikirim kepada warga melalui Whatsapp satu hari setelah menjalani tes cepat.

Biaya "drive thru" tes cepat COVID-19 berkisar Rp400 ribu untuk satu orang.

Baca juga: Tempat-tempat keramaian di Kudus sasaran tes cepat corona
Baca juga: RS Mardi Rahayu Kudus buka layanan "drive thru" tes cepat COVID-19
 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024