Magelang (ANTARA) - Perusahaan Daerah Objek Wisata (PDOW) Taman Kyai Langgeng (TKL) Kota Magelang meraih penghargaan Top BUMD 2019 bidang pariwisata dari Majalah Business News Indonesia bersama Asia Business Research Center serta beberapa lembaga tim penilai.

Direktur PDOW TKL Kota Magelang Edy Susanto di Magelang, Rabu, menjelaskan Top BUMD Award merupakan pemberian penghargaan bagi BUMD yang dinilai berhasil meningkatkan kinerja keuangan dan bisnis, meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan masyarakat umum.

Penghargaan diterima Edy Susanto pada malam penghargaan di Jakarta, akhir pekan lalu.

Beberapa tahapan penilaian telah dilalui oleh BUMD yang dikelolanya itu.

"Kami telah melewati tahapan mulai dari administrasi, paparan di hadapan tim penilai hingga verifikasi ke lapangan. Hasilnya bagus dan kami berhasil meraih penghargaan ini," katanya.

Bagi TKL, kata dia, Top BUMD itu untuk ketiga kalinya setelah sebelumnya pada 2017 dan 2018.

Penilauan untuk penghargaan itu, meliputi strategi pemasaran, pencapaian target, sumber daya manusia (SDM), serta inovasi.

"Untuk SDM misalnya yang dinilai dari segi kesejahteraan dan jaminan kesehatan. Di TKL seluruh pegawai sudah terkaver jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan, semua ditanggung perusahaan," katanya.

Pihaknya tidak berhenti berkreasi menciptakan wahana-wahana di dalam TKL yang tidak hanya menghibur akan tetapi juga mendidik. Tahun ini, pihaknya sedang membangun Kiddi Town, yaitu area bermain khusus anak-anak (playground), Ufo Car, dan wahana Jurang Koco Gunung Mujil.

"Kami targetkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah ini selesai dibangun, khususnya untuk Jurang Koco Gunung Mujil yang menjadi satu-satunya di Jawa Tengah. Konstruksi jembatan kaca kami datangkan langsung dari China," katanya.

Penghargaan Top BUMD 2019 yang diraih TKL ini sekaligus mengantarkan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito meraih penghargaan Top Pembina BUMD 2019. Selain TKL, Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kota Magelang juga menyabet penghargaan serupa.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyatakan bangga dengan prestasi itu.

Di sisi lain, penghargaan itu menjadi motivasi BUMD dan lembaga lainnya untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi, terutama dalam pengelolaan keuangan perusahaan yang akuntabel dan transparan. (hms)

 

Pewarta : Hari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024