Jelang normal baru, Bupati Purbalingga tinjau kesiapan sejumlah OPD

id normal baru

Jelang normal baru, Bupati Purbalingga tinjau kesiapan sejumlah OPD

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. ANTARA/HO-Humas Pemkab Purbalingga

Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Prawiti meninjau kesiapan penerapan normal baru di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah itu.

"Kami ingin meninjau kesiapan penerapan tatanan baru atau normal baru, khususnya di OPD yang terkait dengan pelayanan publik," kata dia di Purbalingga, Kamis.

Dia menyebutkan sejumlah OPD yang disambangi, antara lain Puskesemas Purbalingga, RSUD Gutheng Tarunadibrata, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Tenaga Kerja, RSU Panti Nugroho, dan Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu.

Baca juga: Ganjar sebut KBM di Jateng tunggu keputusan Mendikbud

Ia mengingatkan tentang seluruh kegiatan terkait dengan pelayanan masyarakat yang harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Bupati Prawiti juga mengatakan jika terdapat antrean dalam kegiatan pelayanan masyarakat maka dilakukan dengan tertib dan tetap menjaga jarak fisik.

"Warga masyarakat yang mengantre juga harus disiplin memakai masker, tertib antrean, dan tetap menjaga jarak fisik satu dengan yang lainnya," katanya.

Ia menambahkan mulai Jumat (5/6) seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Purbalingga melaksanakan kegiatan hari pertama setelah hampir dua bulan bekerja dari rumah.

"Karena itu pemantauan dilakukan untuk memastikan kantor, dinas, dan pelayanan publik lainnya sudah menerapkan protokol kesehatan. Jadi mulai hari Jumat (5/6) besok mulai diterapkan normal baru di seluruh kantor pemerintah yang ada di Kabupaten Purbalingga," katanya.

Dengan demikian, kata dia, protokol kesehatan harus dikedepankan seperti menjaga kebersihan, menyediakan fasilitas cuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker bagi semua pegawai, termasuk pengunjung di tempat pelayanan publik.

"Penerapan normal baru khusus untuk kantor pemerintah dilakukan agar pelayanan publik tetap berjalan, sehingga masyarakat dapat tetap produktif namun tetap aman dari COVID-19," katanya.


Baca juga: Kapolda: Masyarakat akan jadi polisi untuk dirinya sendiri
Baca juga: ASN Temanggung bakal kerja normal mulai 8 Juni 2020

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar