1.300 prajurit-PNS Akmil ikuti pembinaan mental

id akmil

1.300 prajurit-PNS Akmil ikuti pembinaan mental

Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyematkan tanda peserta pelatihan bela negara dan kesemaptaan. ANTARA/HO-Penhumas Akmil

Magelang (ANTARA) - Sebanyak 1.300 prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, mengikuti pembinaan mental satuan di Gedung Moch Lilly Rochli, kompleks Akmil Magelang, Senin.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman dalam sambutan tertulis yang dibacakan Dirbinlem Akmil Kolonel Inf Ujang Darwis mengatakan kegiatan bintal satuan itu merupakan pelaksanaan Program Kerja Satuan Bintal Akademi Militer Triwulan I TA 2020.

Ia mengatakan kegiatan itu untuk membangun ketahanan mental prajurit, PNS TNI AD, beserta keluarganya dengan jalan meningkatkan pembinaan mental ideologi kejuangan, agar memiliki kualitas mental, moral, akhlak mulia, sekaligus kedisiplinan yang tinggi yang merupakan salah satu persyaratan mutlak harus tertanam dalam diri setiap organik Akmil beserta keluarga.

Ia mengatakan kerhasilan tugas secara optimal, dapat diraih oleh individu-individu yang bermoral baik, berdisiplin, dan mampu menjalankan tugas dengan baik.

Baca juga: 150 prajurit Akmil mengikuti latihan menembak

Bintal satuan kali ini mengambil tema "Membangun Kebiasaan Pluralisme dalam Kebhinnekaan Atas Dasar Toleransi Beragama, Humanisme, dan Kecerdasan Kolektif".

Ia mengatakan tema itu memiliki arti dan peran yang strategis bagi keberhasilan pembinaan personel dan keluarganya, khususnya dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam melaksanakan tugas di Akademi Militer.

Menurut dia, hal itu sejalan dengan kebijakan pimpinan, bahwa sebagai prajurit dan PNS di lingkungan TNI selalu berkomitmen menjadi warga negara yang baik, senantiasa menjunjung tinggi norma agama dan hukum di mana pun berada dan bertugas.

Dia mengatakan pembinaan mental bagi organik, tentunya bukan hanya tanggung jawab komando dan satuan bintal, tetapi kesadaran dan tekad setiap anggota untuk menjadi insan yang senantiasa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat terhadap norma agama maupun hukum yang berlaku, merupakan faktor utama dalam menegakkan disiplin dan tata tertib satuan.

Pembinaan mental satuan prajurit dan PNS Akmil itu menghadirkan pembicara Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta Slamet P.H.

Baca juga: Gubernur Akmil minta kenaikan pangkat tingkatkan profesionalisme prajurit
Baca juga: Prajurit Akmil Pelihara Kemampuan Menembak
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar