Ganjar pantau penanganan banjir di jalur Pantura Semarang

id ganjar cek banjir kaligawe

Ganjar pantau penanganan  banjir di jalur Pantura Semarang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memantau langsung penanganan banjir di Kota Semarang. Dok. Humas Pemprov Jateng

Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo memantau langsung penanganan bencana banjir di salah satu jalur pantai Utara (Pantura), tepatnya di Kawasan Kaligawe, Kota Semarang, Selasa malam, agar cepat surut serta tidak mengganggu arus lalu lintas.

Dengan mengenakan mantel dan sepatu bot, Ganjar yang baru selesai melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pekalongan, Pemalang, dan Tegal langsung ngecek beberapa titik genangan banjir dengan ketinggan air yang berbeda-beda.

Mengetahui ketinggian air yang kurang lebih mencapai 50 hingga 100 centimeter, Ganjar langsung meluncur ke arah pompa air di seberang jalan dan mendapati aliran dari pipa saluran air tidak optimal.

Baca juga: Pemprov Jateng ikut cek kerusakan jalan Pantura
Baca juga: Dua desa di Jekulo Kudus diterjang banjir bandang

Kepada petugas yang berjaga mengoperasikan mesin pompa, Ganjar menanyakan beberapa perkara teknis pengendalian pompa air tersebut. Selain pompa air di bawah jembatan tol Kaligawe, Ganjar juga mengecek Rumah Pompa Sringin dan Waru.

Setelah berbicara dengan petugas penjaga rumah pompa, Ganjar mengungkapkan masih terdapat tiga pompa yang rusak sehingga tidak berfungsi dengan optimal.

"Di dekat pompa masih ada genangan di bawah jembatan tol, depan RSI Sultan Agung dan sekitar Mapolsek Genuk," ujarnya.

Ganjar menyebutkan jika curah hujan tidak terlalu lebat maka penanganan banjir di Kota Semarang masih bisa dikendalikan, namun jika intensitasnya tinggi, maka masyarakat diimbau bersabar karena genangan air tidak akan lebih dari satu jam.

"Ini memang harus kita kelola dengan baik karena hukum alamnya memang begitu," katanya.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar