Masa panen, transaksi pelelangan ikan di Cilacap meningkat

id pelelangan ikan

Masa panen, transaksi pelelangan ikan di Cilacap meningkat

Ilustrasi - Aktivitas pelelangan ikan di TPI Pandanarang, Pantai Teluk Penyu, Cilacap. (Foto: Sumarwoto)

Cilacap (Antaranews Jateng) - Transaksi di sejumlah tempat pelelangan ikan yang dikelola Koperasi Unit Desa Mino Saroyo, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, meningkat, kata Ketua KUD Mino Saroyo Untung Jayanto.

"Alhamdulillah transaksi di delapan TPI pada semester pertama 2018 sangat baik dan tiap bulan cenderung meningkat, hanya belum merata," katanya di Cilacap, Jumat.

Ia mengatakan berdasarkan data dari seluruh TPI yang dikelola KUD Mino Saroyo, nilai transaksi tertinggi terjadi pada Mei dan Juni karena bisa mencapai lebih dari Rp5 miliar.

Sementara itu nilai transaksi pada Januari 2018 sebesar Rp2 miliar, Februari Rp1 miliar, Maret Rp3 miliar, dan April Rp3 miliar.

Dia memperkirakan nilai transaksi pada bulan Juli akan mengalami peningkatan karena saat sekarang telah memasuki masa panen ikan.

"Puncak masa panen biasanya berlangsung pada Agustus-September. Saat ini, berbagai jenis ikan telah banyak bermunculan di perairan selatan Jateng-DIY," katanya.

Ia mengakui dalam beberapa waktu terakhir sering terjadi gelombang tinggi di perairan selatan Jateng-DIY karena saat sekarang sedang berlangsung musim angin timuran.

Akan tetapi, kondisi tersebut tidak menjadi penghalang bagi nelayan untuk mencari ikan di laut.

"Nelayan sudah bisa memperkirakan kapan terjadi gelombang tinggi sehingga mereka akan berangkat melaut pada dini hari ketika gelombang masih tenang dan pulang menjelang siang sebelum gelombang meninggi. Kalau gelombangnya benar-benar tinggi, mereka tidak melaut, beristirahat, dan menunggu gelombangnya kondusif," katanya.

Disinggung mengenai target transaksi pelelangan ikan pada tahun 2018 dari seluruh TPI yang dikelola KUD Mino Saroyo, Untung mengatakan pihaknya menargetkan sekitar Rp80 miliar atau minimal sama seperti realisasi transaksi 2017 yang mencapai Rp75 miliar.

Dalam kesempatan terpisah, salah seorang nelayan di Pantai Teluk Penyu, Tarmuji mengakui jika saat sekarang sudah banyak ikan yang bermunculan di perairan selatan Jateng-DIY.

"Terutama ikan layur dan tengiri sehingga banyak nelayan yang berangkat melaut. Biasanya setelah terjadi gelombang tinggi, banyak ikan yang bermunculan di perairan selatan Jateng-DIY," kata dia yang juga Ketua Kelompok Nelayan Pandanarang, Pantai Teluk Penyu, Cilacap. 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar