Batang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Batang, Jawa Tengah berkomitmen melakukan pengawasan, pencegahan, dan penindakan pelanggaran Pilkada 2024, agar pesta demokrasi rakyat ini berlangsung aman dan kondusif.

Ketua Bawaslu Kabupaten Batang Mahbrur di Batang, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya akan menaati regulasi yang ada, artinya apabila ketika pencegahan itu tidak diindahkan maka perlu dilakukan penanganan pelanggaran.

"Dengan tagline 'Awasi, Cegah, dan Tindak', kami harus melakukan tindakan pelanggaran sesuai mekanisme yang ada. Kami berharap pelaksanaan pemilu juga dapat berlangsung aman dan lancar," katanya.

Pada acara "Pelantikan dan Pembekalan Panwascam", Mahbrur mengatakan pihaknya merekrut 45 anggota panwascam yang tersebar di 15 kecamatan.

Sebanyak 45 anggota panwascam yang dilantik pada Jumat (24/5) ini, kata dia, 25 orang di antaranya adalah anggota lama yang berprestasi dan dinyatakan layak melanjutkan tugas berdasarkan penilaian kinerja oleh Bawaslu dan 20 orang dari hasil perekrutan baru yang telah melalui serangkaian proses seleksi.

"Pada proses seleksi itu melalui tahapan dari pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi, tes tertulis atau computer assisted test (CAT), hingga wawancara," katanya.

Dikatakan, anggota panwascam yang baru dilantik ini akan bertugas melakukan pengawasan terhadap tahapan Pilkada Serentak mulai 27 November 2024 hingga Januari 2025.

"Mereka akan menjalankan tugas pengawasan selama kurang lebih 9 bulan ke depan," katanya.

Baca juga: 160 calon panwascam di Pati ikut tes CAT

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024