Pati (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengadakan seleksi tes tertulis berbasis komputer atau computer assisted test (CAT) terhadap 160 pendaftar untuk lowongan pengawas pemilu kecamatan yang sebelumnya lolos seleksi administrasi.

"Seleksi ini untuk mengisi kekurangan anggota Panwaslu Kecamatan setelah sebelumnya kami menggelar penilaian evaluasi terhadap anggota panwaslu kecamatan yang sudah ada sebelumnya," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Supriyanto di Pati, Selasa.

Ia mencatat jumlah anggota panwaslu kecamatan yang bisa mengikuti penilaian evaluasi ada 63 orang. Namun yang memasukkan berkas persyaratan administrasi hanya 52 orang.

Dalam proses penilaian dan evaluasi, kata dia, terdapat 27 orang yang dinyatakan lulus untuk ditempatkan di 21 kecamatan. Sedangkan yang sudah terpenuhi baru Kecamatan Juwana, selebihnya mengalami kekurangan totalnya 36 orang diambilkan lewat seleksi terbuka yang pendaftarannya dimulai 5-7 Mei 2024.

Jumlah pendaftar lowongan panwaslu kecamatan ada 184 orang, sedangkan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi berjumlah 160 orang, sehingga berhak mengikuti tes tertulis yang digelar hari ini (14/5).

Pelaksanaan tes tertulis berbasis CAT dan soal essay dipusatkan di SMKN 2 Pati.

"Untuk soal tes CAT langsung dari server Bawaslu RI, termasuk penilaiannya dengan bobot nilai 70 persen, sedangkan soal essay dengan bobot 30 persen dinilai oleh Bawaslu Kabupaten Pati," ujarnya.

Melalui tes tertulis tersebut, kata dia, calon anggota panwaslu kecamatan tersebut diuji kemampuannya soal tugasnya nanti termasuk pengetahuan soal pemilu. Sedangkan adanya soal essay juga untuk mengukur tingkat kognitif peserta.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024