Batang (ANTARA) - PT Bhimasena Power Indonesia selaku pemilik Pembangkit Tenaga Listrik tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 X 1.000 MW menyelenggarakan seminar dan pelatihan peningkatan kemampuan karyawan dalam rangkaian peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (K3) Nasional.

General Manager HSE PT Bhimasena Power Indonesia Josman Ginting di Batang, Jumat, mengatakan selama peringatan Bulan K3 Nasional mulai 12 Januari hingga 12 Februari 2024 perusahaan telah menggelar berbagai macam kegiatan untuk peningkatan kesehatan dan keselamatan kerja, serta bakti sosial.

"Puncak peringatan Bulan K3 Nasional 2024 kami laksanakan dengan menyelenggarakan seminar dan pelatihan keselamatan pekerja di pekerjaan ketinggian. Setelah teori, langsung dipraktikkan di lapangan, agar materi mudah dipahami dan dimengerti oleh para karyawan," katanya.

Kegiatan Bulan K3 tersebut, menurutnya, sejalan dengan tema yang telah dicanangkan pemerintah yaitu Budayakan K3, Sehat, Selamat dalam Bekerja, dan Terjaga Keberlangsungan Usaha.

"Kami berharap pelatihan itu dapat menumbuhkembangkan budaya K3 di lingkungan perusahaan untuk menghindari kerugian karena kecelakaan kerja," katanya.

Josman mengatakan dengan mengambil tema "We Stand for Safety", perusahaan mengadakan tujuh kegiatan yaitu pemasangan spanduk serta poster imbauan, informasi tentang K3, serta seminar keselamatan dan kesehatan kerja.

Selanjutnya distribusi media kampanye keselamatan, olahraga lari dan bersepeda virtual, senam aerobik, donor darah, serta pelatihan dasar pemadam kebakaran dan dasar pertolongan pertama.

"Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan kemampuan, para karyawan mengenai keselamatan ketika bekerja di ketinggian, khususnya untuk team operation dan maintenance yang setiap hari menghadapi pekerjaan di ketinggian," katanya.
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024