Pati (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, meminta Pengurus Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Pati mengefektifkan unit pelayanan publik bagi tuna rungu agar mereka bisa berbaur dengan masyarakat luas.

"Para pengurus Gerkatin Kabupaten Pati diharapkan bisa ikut membantu fungsi pemerintahan dan pendidikan di Kabupaten Pati, utamanya untuk mengefektifkan fungsi unit pelayanan publik," kata Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Gerkatin Kabupaten Pati Masa Bhakti 2022-2027 di Pendopo Pati, Senin.

Turut hadir pula Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pati, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, OPD Pemkab Pati, DPD Gerkatin Provinsi Jateng, DPC Gerkatin Kabupaten Pati, pengurus Gerkatin periode 2022-2027, dan Forum Anak Kabupaten Pati.

Selain itu, kata dia, Gergatin Pati juga diminta untuk memberikan tutorial singkat terkait bahasa isyarat, sehingga nantinya teman-teman Gerkatin bisa melebur jadi satu dengan masyarakat luas.

Sementara hadirnya pengurus Forum Anak Kabupaten Pati merupakan salah satu upaya memperkenalkan bahasa isyarat kepada masyarakat umum agar minimal dapat berkomunikasi dengan bahasa isyarat secara sederhana.

Pemerintah Kabupaten Pati, imbuh dia, siap berkolaborasi dan bersinergi dalam rangka mewujudkan visi dan misi dari Gerkatin Kabupaten Pati.

Pada kesempatan tersebut, Henggar juga mengucapkan selamat atas dilantik dan dikukuhkannya para pengurus baru Gerkatin Kabupaten Pati. 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024