Semarang (ANTARA) - SDN Sendangmulyo 02 Kota Semarang mempunyai program unggulan yaitu Siswa Bintang atau berkarakter, inovatif, dan tangkas, sebagai cerminan siswa untuk menjadi pelajar Pancasila.

"Program ini adalah salah satu cara yang tepat untuk mencapai visi misi sekolah,” kata Widiyanto, Kepala Sekolah SDN Sendangmulyo 02 Kota Semarang yang merupakan mitra Tanoto Foundation, di Semarang, Rabu.

Widiyanto menjelaskan Program Siswa Bintang mulai diterapkan Agustus 2022 diawali dengan memberikan sosialisasi program yang terukur dan jelas kepada seluruh warga sekolah dan orang tua siswa, sekaligus memaparkan visi misi sekolah dalam jangka satu tahun ke depan.

Baca juga: Disdikbud-Tanoto Foundation fasilitasi Kendal Pintar Berbagi

Sejumlah kegiatan pembiasaan dalam Program Siswa Bintang antara lain meliputi apel pagi, membaca janji siswa, membaca asmaul husna bagi siswa Muslim, doa harian bagi siswa nonmuslim, apresiasi siswa, senam bersama, Jumat bersih, dan makan bersama.

"Proses pembiasaan yang dilakukan tiap harinya sangat bermanfaat dalam mengembangkan sikap disiplin, tanggung jawab, mandiri, dan peduli. Secara tidak langsung proses ini berdampak terbentuknya karakter siswa seperti yang diharapkan,” kata Yenny, guru kelas 6.

Ia menjelaskan pada Program Siswa Bintang nantinya setelah sebulan berjalan akan dipilih Kapten Siswa Bintang yang merupakan hasil seleksi dari masing-masing siswa kelas 4, 5, dan 6.

Baca juga: Kenalkan siswa perbankan dari sisihkan uang jajan di celengan

Siswa yang terpilih akan diberikan pin bintang untuk diletakkan pada baju seragam. Selain itu, Kapten Siswa Bintang akan dibekali keterampilan tambahan berupa kepemimpinan, menyiapkan barisan, serta pemahaman tugas-tugasnya dalam kelas untuk membuat kelas yang kondusif.

Dengan pendampingan guru, katanya, Kapten Siswa Bintang mempunyai tugas memberikan teladan yang baik bagi siswa lain, mengingatkan apabila ada siswa yang melanggar tata tertib, serta membantu guru dalam kelancaran semua kegiatan pembiasaan di sekolah.

Menurut Yenny selain dapat meningkatkan semangat kompetisi positif dari masing-masing siswa, kegiatan tersebut dapat menyiapkan sedini mungkin siswa-siswi yang memiliki karakter pemimpin-pemimpin amanah yang diharapkan.

Baca juga: Siswa SD Bulustalan siap terapkan GPS

Program Siswa Bintang memberikan banyak pembelajaran karakter bagi semua siswa antara lain karakter disiplin, tanggung jawab, religius, inovatif, kreatif, dan tangkas. Harapannya semua siswa akan termotivasi untuk menjadi Kapten Siswa Bintang

"Program Siswa Bintang yang dilaksanakan secara terus menerus dan konsisten pasti memberi dampak positif dalam mewujudkan karakter pelajar Pancasila yang diharapkan saat ini," tutup Yenny.

Penulis: Yenny Rahmawati*                                 
Guru Sekolah Mitra Program PINTAR Tanoto Foundation

Pewarta : Yenny Rahmawati*/Nur Istibsaroh
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024