Purwokerto (ANTARA) - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. melantik Prof. Dr. Ir Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr. sebagai Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Periode 2022-2026. 

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Auditorium Kemendibudristek, Jakarta, Rabu, berbarengan dengan pelantikan Rektor Universitas Siliwangi (Unsil), Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, serta tiga orang pejabat Fungsional Widya Prada Ahli Utama.

Dalam sambutannya, Menteri Nadiem mengatakan kunci keberhasilan mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar sejak tahun 2020 sampai saat sekarang merupakan buah dari kolaborasi seluruh pihak dalam mendorong kemajuan pendidikan Indonesia. 

Khususnya di tengah upaya untuk bangkit dari pendemi, kata dia, kolaborasi merupakan kunci utama untuk memulihkan pembelajaran dari dampak learning loss

"Berkenaan dengan hal tersebut, upacara pelantikan pejabat yang kita laksanakan hari ini (18/5) merupakan bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk semakin mengakselerasi kerja sama lintas sektor dan memperluas Gerakan Merdeka Belajar sampai ke seluruh penjuru Indonesia," katanya.

Baca juga: Lima peserta disabilitas ikut UTBK-SBMPTN 2022 di Unsoed

Kepada Rektor yang baru dilantik, Mendikbudristek berpesan dan menitipkan harapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan menciptakan iklim belajar yang kondusif, aman dari segala bentuk kekerasan, serta memerdekakan mahasiswa dalam mengembangkan potensinya. 

"Berikan hak kepada mahasiswa kita untuk belajar di luar kampus agar ketika lulus mereka siap menghadapi segala macam tantangan," kata Mendikbudristek.

Dalam kesempatan tersebut, Mendikbudristek juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S. (Rektor Unsoed periode 2018-2022), dan Prof. Dr. Ir. H. Rudi Priyadi, M.S. (Rektor Unsil periode 2018-2022) atas kesungguhan dan komitmennya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pimpinan perguruan tinggi. 

"Saya harap akan terus memberikan kontribusi untuk kemajuan dunia Pendidikan Indonesia," katanya.

Menteri Nadiem juga menyampaikan selamat bertugas kepada para pejabat yang dilantik dan mengajak mereka untuk terus menguatkan kolaborasi di lingkungan Kemendikbudristek serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dan pemangku kepentingan untuk memantapkan langkah bersama dalam mewujudkan cita-cita merdeka belajar. 

Baca juga: Fakultas Hukum Unsoed sepakati kerja sama dengan tiga lembaga
Baca juga: 31 PNS Unsoed Purwokerto terima Satya Lencana Karya Satya

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024