Purwokerto (ANTARA) - Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyepakati kerja sama dengan tiga lembaga yang terdiri atas Mahkamah Konstitusi RI, Sekretariat Jenderal MPR RI, dan Keluarga Alumni FH Unsoed.

Kesepakatan tersebut ditandatangani dalam acara Stadium Generale dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Fakultas Hukum Unsoed dengan Mahkamah Konstitusi RI, Sekretariat Jenderal MPR RI dan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Unsoed di FH Unsoed Purwokerto, Jumat (13/5).

Dalam sambutannya, Plt. Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc. Agr. mengatakan tumbuh dan berkembangnya suatu institusi, salah satunya ditentukan oleh dukungan dan peran serta strategis dari para pemangku kepentingan. 

Melalui kerja sama antarlembaga, kata dia, diharapkan akan mengakselerasi peningkatan kapasitas organisasi, sehingga dapat berkinerja baik dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada khalayak.

"Hal ini sepenuhnya juga diyakini Unsoed, dan menjadi komitmen kami untuk terus mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak. Terlebih dengan paradigma baru pendidikan tinggi, yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka, maka menjadi sebuah keharusan untuk bertransformasi dalam upaya proses penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," katanya.

Lebih lanjut Prof. Sodiq mengatakan melalui kerja sama tersebut akan memberikan ruang yang lebih luas bagi para mahasiswa untuk dapat belajar di luar kampus serta para dosen untuk ber-tridharma perguruan tinggi bersama dengan mitra. 

"Tentu saja, di saat yang sama, dari Fakultas Hukum Unsoed juga siap untuk memberikan dukungan, berupa sumber daya yang dimiliki, sehingga dapat menunjang program kegiatan mitra sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan," katanya.

Sekretaris Jenderal MPR RI Dr. Ma’ruf Cahyono, S.H., M.H. mengatakan menjadi tugas semua pihak untuk terus bersama-sama membangun visi bersama agar hukum Indonesia ke depan lebih baik. 

Oleh karena itulah, kata dia, tugas yang paling utama dari seluruh unsur yang ada di Fakultas Hukum termasuk dirinya sebagai alumni adalah bagaimana membangun kekuatan demokrasi dan demokrasi dalam keadaan seimbang. 

"Mahasiswa sebagai bagian yang akan terus menerus akan belajar, untuk mendalami ilmu hukum tentu ini adalah kesempatan yang sangat baik, strategis untuk bersama-sama Sekretariat Jenderal karena politik hukum berada dalam suatu tempat (berada di Senayan, berada di Pemerintahan, berada di MK)," kata Ma'ruf yang juga Ketua Keluarga Alumni FH Unsoed .

Baca juga: 31 PNS Unsoed Purwokerto terima Satya Lencana Karya Satya

Sebagai keluarga alumni Fakultas Hukum Unsoed , kata dia, pihaknya akan terus mendukung terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi antara lain yaitu pengabdian kepada masyarakat. 

Sementara itu, Ketua Mahkamah Konstitusi RI Prof (HC) Dr. Anwar Usman menyampaikan selamat atas terlenggaranya Dies Natalis Ke-41 Fakultas Hukum Unsoed. 

"Universitas menyandang nama seorang tokoh besar Jenderal Soedirman, semangat perjuangan dari beliau akan mengalir terus-menerus di dalam tubuh sanubari keluarga besar Universitas Jenderal Soedirman," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua MK juga menyampaikan kuliah umum dengan tema "Eksistensi Mahkamah Konstitusi Dalam Sistem Ketatanegaraan Republik Indonesia".

Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Mahkamah Konstitusi RI dan Fakultas Hukum Unsoed ditandatangani oleh Kepala Biro Humas dan Protokol, Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi Heru Setiawan serta Dekan Fakultas Hukum Unsoed Prof. Dr. Muhammad Fauzan, S.H., M.Hum. dengan ruang lingkup PKS meliputi Pemagangan/ Praktik Kerja, Pengajaran/Asistensi Pengajaran, Pengabdian kepada Masyarakat, Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Bidang Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara, dan/atau kegiatan lain yang disepakati. 

Sementara PKS antara Keluarga Alumni FH Unsoed dan Fakultas Hukum Unsoed ditandatangani oleh Ketua Umum Keluarga Alumni Fakultas Hukum Unsoed Dr. Ma’ruf Cahyono S.H., M.H. dan Dekan Fakultas Hukum Unsoed Prof. Dr. Muhammad Fauzan, S.H., M.Hum. dengan ruang lingkup PKS meliputi pembangunan Gedung Sekretariat Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman

Sedangkan PKS antara Fakultas Hukum Unsoed dan Sekretariat Jenderal MPR RI ditandatangani Dekan Fakultas Hukum Unsoed Prof. Dr. Muhammad Fauzan, S.H., M.Hum., dan Sekretaris Jenderal MPR RI Dr. Ma’ruf Cahyono, S.H., M.H. dengan ruang lingkup meliputi Pemagangan/Praktik Kerja, Pengajaran/Asistensi Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Peningkatan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, dan/atau kegiatan lain yang disepakati.

Baca juga: Petugas berpakaian daerah warnai upacara Hardiknas di Unsoed
Baca juga: 17 mahasiswa terbaik ikuti Pilmapres Tingkat Unsoed

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024