Purwokerto (ANTARA) - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyelenggarakan pergelaran wayang pada acara pelepasan calon wisudawan/wisudawati program magister dan sarjana periode Februari 2022.

"Pada acara pelepasan wisudawan/wati tahun ini cukup unik karena mangadakan pergelaran acara wayang yang didalangi oleh alumni magister Pendidikan Agama Islam FAI UMP," kata Dekan FAI UMP Dr Makhful MAg saat pelepasan wisudawan/wati FAI UMP di Purwokerto, Jumat.

Menurut dia, pergelaran wayang tersebut merupakan wujud kontribusi FAI UMP dalam menjaga kelestarian kebudayaan wayang sebagai kesenian asli Indonesia yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Dengan demikian, kata dia, pelepasan wisudawan/wati FAI UMP tersebut menjadi spesial karean adanya pergelaran wayang.

"Alumni magister S2 kita ada yang menjadi dalang, kita berikan ruang dalam pelepasan itu acara wayangan, sehingga acara bisa terselenggara degan cukup meriah dan cukup unik," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pergelaran budaya tersebut sejalan dengan Muhammadiyah yang tengah gencar melestarikan kebudayaan.

“Muhammadiyah gencar melestarikan kebudayaan termasuk juga ini daftar kultural kita adakan di kalangan Muhammadiyah yang tidak kalah pentingnya, bahwa wayang itu menjadi salah satu media dalam berdakwah," katanya.

Baca juga: Ekonom UMP: Perlu kebijakan terkait minyak goreng bagi UMKM

Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengharapkan para calon wisudawan/wati dapat mengamalkan ilmunya dan menjadi agen publikasi FAI UMP.

"Harapan kami mereka yang sudah diwisuda S2 dan S1 bisa mengamalkan ilmunya di manapun dan bisa menjadi agen-agen publikasi bagi FAI UMP," tegasnya. 

Sementara itu, alumni magister Pendidikan Agama Islam UMP yang menjadi dalang dalam pergelaran wayang tersebut, Imam Suyanto mengatakan gelaran tersebut merupakan bentuk rasa terima kasih kepada para dosen.

"Persembahan wayangan ini dari kami megister S2 angkatan pertama di FAI ini yang tidak lain adalah sebagai rasa terima kasih kami pada semua dosen-dosen FAI UMP," katanya.

Ia megharapkan FAI UMP bisa semakin sukses dan para alumninya bisa meningkatkan lagi ilmunya.

"Mudah-mudahan FAI semakin sukses dan kami bisa melaksanakan amanah dari FAI untuk meningkatkan ilmunya. Mudah-mudahan FAI baik S1 maupun S2-nya akan semakin berkembang terutama dalam penerimaan mahasiswa baru," katanya. (Adt/Tgr).

Baca juga: Mahasiswa UMP juara 1 Lomba Desain Poster "Stop Sexual Abuse"
Baca juga: Mahasiswa Magister Pendas UMP raih "Indonesia Green Principal Award 2022"

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024