Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menginformasikan bahwa vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun di wilayah setempat mencapai 91,62 persen dari target 92.635 sasaran.

"Hingga hari Jumat ini, tercatat 84.881 anak usia 6-11 tahun yang sudah disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama sejak pelaksanaan vaksinasi massal dimulai. Jumlah tersebut berarti 91,62 persen dari target 92.635 sasaran," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga dr. Jusi Febrianto di Purbalingga, Jumat.

Dia menambahkan cakupan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di wilayah ini terus mengalami peningkatan yang signifikan.

"Tiga hari lalu jumlah total anak usia 6-11 yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama ada sebanyak 84.220 anak, hari ini meningkat jadi 84.881," katanya.

Dia menambahkan bahwa berbagai upaya terkait percepatan vaksinasi anak di wilayah ini terus diintensifkan.

"Penguatan sinergi dan kolaborasi bersama seluruh pihak, termasuk juga TNI dan Polri dalam rangka meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 menjadi prioritas. Bukan hanya percepatan vaksinasi anak, namun juga percepatan vaksinasi secara keseluruhan," katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan, kata dia, menggencarkan vaksinasi massal dan vaksinasi jemput bola serta menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat.

Agar cakupan vaksinasi terus meningkat, pihaknya juga terus mengajak masyarakat berperan aktif menyukseskan program ini.

"Tentunya program vaksinasi memerlukan upaya maksimal dan dukungan penuh dari seluruh masyarakat agar dapat berjalan dengan cepat sesuai dengan target yang diharapkan," katanya.

Pemkab Purbalingga juga mengingatkan warga yang belum divaksin untuk segera mendaftarkan diri ke puskesmas terdekat.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif menyukseskan program vaksinasi penguat atau dosis ketiga guna meningkatkan proteksi individu serta memperbaiki efektivitas vaksin," katanya.

Menurutnya, peran aktif masyarakat dibutuhkan agar target percepatan vaksinasi dapat tercapai sesuai harapan.
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024