Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, saat memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Keselamatan Terpadu (Public Safety Center/PSC) 119 untuk mengoptimalkan layanan kesehatan prarumah sakit bagi masyarakat.

"Layanan tersebut meliputi layanan Jemput Sakit Antar Sehat, Layanan Si Amor, Layanan 'home care' (kunjungan rumah), maupun layanan prafasilitas kesehatan lainnya," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Magelang Nasrudin usai peresmian UPT PSC 19 di Magelang, Selasa.

Dia menjelaskan layanan Jemput Sakit Antar Sehat salah satu program unggulan Wali Kota Magelang bidang kesehatan yang dilaksanakan atau diampu oleh PSC 119.

Konsep awal PSC 119 sebagai pemberi layanan kegawatdaruratan medik prarumah sakit, artinya bahwa PSC 119 Magelang Emergency Service ini hanya memberikan layanan pada kondisi yang mengancam jiwa yang bila tidak segera tertangani menyebabkan kematian.

Program layanan Jemput Sakit Antar Sehat ini dapat dikembangkan bukan hanya pelayanan kedaruratan, namun juga antarjemput pasien kontrol rutin maupun mengantar pasien lepas rawat dari rumah sakit.

Layanan Siaga Among Raga (Si Amor) memfasilitasi layanan bagi para lansia yang membutuhkan kontrol rutin ke rumah sakit dengan menjemput, mendampingi selama proses pemeriksaan, dan mengantar kembali ke rumah.

"Layanan ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis untuk masyarakat yang berada di Kota Magelang," katanya.

Ia menyebutkan UPT PSC 119 diperkuat sumber daya manusia (SDM) sebanyak 25 orang yang dibagi dalam tiga sif jaga, terdiri atas satu orang dokter, 12 perawat, tiga "call center", dan sembilan pengemudi.

Sarana yang dimiliki saat ini berupa dua unit mobil ambulans sebagai modal awal PSC 119 Kota Magelang.

"Alhamdulillah saat ini kami mendapatkan tambahan satu unit ambulans dengan standar gawat darurat, dua unit ambulans transpor yang digunakan untuk layanan Jemput Sakit Antar Sehat dan layanan Si Amor, serta satu unit mobil jenazah," katanya.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengungkapkan keberadaan UPT PSC 119 ini merupakan salah satu kebaikan kepada masyarakat.

"Keberadaan UPT PSC 119 ini menandakan penanganan kegawatdaruratan di Kota Magelang lebih baik dan lebih paripurna. Layanan Jemput Sakit Antar Sehat juga menjadi lebih baik, kita bisa kerja sama dengan Polres Magelang Kota, swasta, dan instansi lain," katanya. 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024