Kudus (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus menyiapkan ruang isolasi untuk pasien COVID-19 guna menghadapi kemungkinan terjadi peningkatan kasus penularan COVID-19 akibat persebaran virus corona tipe SARS-CoV-2 varian Omicron.

Direktur RSUD Loekmono Hadi, Abdul Aziz Achyar, di Kudus, Jawa Tengah, Senin, mengatakan bahwa rumah sakit sudah menyiapkan ruang isolasi pasien COVID-19 dengan 59 tempat tidur.

Ruang isolasi tersedia di unit perawatan intensif dan ruang perawatan Dahlia 1 di RSUD Loekmono Hadi Kudus.

Selain itu, RSUD menyiapkan fasilitas isolasi terpusat dengan kapasitas 96 tempat tidur di bangunan bekas Akademi Kebidanan Kudus.

"Baik ruang isolasi untuk pasien bergejala berat hingga ringan, kami sudah menyiapkan sarana dan prasarana pendukungnya, termasuk alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan serta sumber daya lainnya juga sudah disiapkan," kata Abdul.

Ia mengatakan bahwa sampai sekarang RSUD Loekmono Hadi belum menangani pasien yang dikonfirmasi terserang Omicron.

Bupati Kudus Hartopo sudah menginstruksikan jajaran aparat pemerintah daerah untuk menyiapkan ruang isolasi bagi pasien COVID-19 di rumah sakit guna menghadapi kemungkinan terjadi lonjakan kasus penularan virus corona.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi mengatakan bahwa semua rumah sakit di Kabupaten Kudus sudah diminta menyiapkan ruang perawatan serta sarana dan prasarana pendukung penanganan pasien COVID-19.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Mugiyanto
Copyright © ANTARA 2024