Banjarnegara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara terus mengintensifkan program pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan.

"Ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memajukan sektor pariwisata di Banjarnegara," kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di Banjarnegara, Minggu.
Pihaknya berharap upaya pengembangan tersebut akan membawa dampak yang signifikan dalam meningkatkan angka kunjungan wisatawan.

"Diharapkan dengan pengembangan yang berkesinambungan dapat menjadikan kawasan wisata Dieng agar lebih maju, unggul, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Terkait dengan hal tersebut, pihaknya terus melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah melengkapi fasilitas yang ada di Dataran Tinggi Dieng.

Bupati mencontohnya pihaknya pada akhir 2020 lalu telah merampungkan pembangunan jembatan kahyangan di Kawah Sikidang, Dieng.

Terkait hal tersebut bupati mengapresiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara yang telah menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut.

Bupati berharap upaya yang telah dilakukan akan menjadikan Dieng sebagai destinasi favorit yang akan dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.
Hal tersebut sesuai dengan jargon pariwisata Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng: The Heart of Central Java.

Baca juga: Tebing longsor di Wonosobo tutup jalur wisata Dieng

Sebelumnya, bupati juga meminta seluruh sektor pariwisata di Banjarnegara untuk mengedepankan nilai-nilai saptapesona dalam rangka meningkatkan angka kunjungan wisatawan.

"Saya pesan kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata di Banjarbegara untuk bersama mewujudkan gerakan saptapesona," katanya.

Bupati menyebutkan nilai-nilai saptapesona terdiri atas unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan.

"Saya yakin dengan terwujudnya nilai-nilai saptapesona di seluruh objek wisata yang ada di Banjarnegara akan menjadikan sektor ini makin unggul dan menjadi tujuan utama dalam berwisata," katanya.

Dia menambahkan bahwa Pemkab Banjarnegara terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata yang ada di wilayah setempat meskipun di tengah pandemi COVID-19.

Salah satu upaya yang dilakukan, kata dia, adalah mengintensifkan pembangunan infrastruktur menuju objek wisata yang ada di wilayah ini.

Baca juga: Objek wisata Candi Arjuna di Dieng tutup selama PPKM


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Kliwon
Copyright © ANTARA 2024