Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, melakukan penyemprotan dengan cairan disinfektan terhadap kendaraan yang akan melintasi wilayah Kabupaten Magelang di daerah perbatasan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, Imam Basori di Magelang, Sabtu, mengatakan kegiatan hari ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan Jumat bersih yang dilakukan secara serentak.

Ia menyampaikan kegiatan hari ini berupa penyemprotan disinfektan khusus untuk moda transportasi baik umum maupun pribadi yang akan melintasi wilayah Kabupaten Magelang.

Baca juga: Pekalongan terjunkan 40 petugas disinfektan untuk antisipasi COVID-19

Imam menyebutkan lokasi penyemprotan terhadap kendaraan tersebut dilakukan di tujuh titik wilayah perbatasan menuju Kabupaten Magelang, yakni di wilayah Salam tepatnya di tugu perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah.

Kemudian dari arah Semarang di di Terminal Secang, sedangkan dari arah Purworejo dan Wonosobo di daerah Salaman. Penyemprotan juga dilakukan di daerah Ngablak yang berbatasan dengan Kabupaten Semarang melalui jalur Kopeng.

Selanjutnya di Sawangan yang berbatasan dengan jalur dari Kabupaten Boyolali dan di Sriwedari, Muntilan dan Ngluwar yang berbatasan dengan jalur dari Kulon Progo.

"Melalui kegiatan ini semangat yang kami tanamkan adalah untuk edukasi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat karena dalam kegiatan ini melibatkan Dishub, BPBD, TNI, Polri, Forkompimcam setempat dan kami libatkan unsur masyarakat," katanya.

Kepala Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman, Adi Daya Perdana mengatakan berbagai elemen masyarakat ikut mencegah penyebaran virus corona.

"Tadi yang terlibat, antara lain Camat Salaman, Kades Margoyoso, Kades Kaliabu, relawan, TNI/Polri dan masyarakat. Kami menghentikan laju kendaraan dan menyemprotkan disinfektan terhadap kendaraan roda dua maupun roda empat," katanya. 

Baca juga: Solo dan Semarang jadi prioritas pemeriksaan cepat COVID-19
Baca juga: Istri pasien corona yang meninggal di Solo dinyatakan positif COVID-19

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024