Temanggung (ANTARA) - Para petani di kawasan lereng Gunung Sumbing Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menanam tembakau dengan sistem tumpang sari bersama tanaman bawang putih.

Petani Dusun Lamuklegok, Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jumadi di Temanggung, Minggu, menuturkan menanam dengan sistem tumpang sari maka penghasilan akan meningkat. 

Seiring digalakkannya penanaman bawang putih oleh pemerintah untuk menuju swasembada bawang putih, petani di lereng Gunung Sumbing sebagian besar menanam tembakau dengan tumpang sari bersama tanaman bawang putih.

Pada pertengahan bulan Maret ini para petani di lereng Gunung Sumbing mulai menanam tembakau di antara tanaman bawang putih.

"Sengaja kami lakukan tumpang sari, karena saat ditanami tembakau pupuk sudah matang dulu saat dimanfaatkan untuk penanaman bawang putih," katanya.

Ia mengatakan sekitar satu bulan lagi tanaman bawang putih sudah siap dipanen dan saat panen bawang putih tanaman tembakau sudah mulai tumbuh dan akarnya sudah kuat. 

"Satu bulan lagi bawang putih siap panen, sedangkan untuk tembakau membutuhkan waktu kurang lebih lima bulan dari masa tanam untuk bisa dipanen," katanya.

Ia berharap cuaca tahun ini mendukung untuk penanaman tembakau sehingga menghasilkan tembakau dengan kualitas baik. ***1***
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024