Magelang (Antaranews Jateng) - Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menggelar Festival Makanan "Djadoel" (zaman dulu) pada tanggal 23-25 Maret 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, di Magelang, Senin, mengatakan dalam festival makanan dengan tema "Legendary and Culture" tersebut terdapat puluhan stand makanan zaman dulu yang mengajak para pengunjung hanyut dalam nostalgia.

Berbagai sajian hidangan dalam festival tersebut antara lain sego jagung, sego ingkung, sego megono, blendrang, jemunak, jenangan dan minuman wedang uwuh.

"Kami ingin mengajak masyarakat untuk bernostalgia dengan masakan-masakan khas nenek moyang yang merupakan bagian dari kekayaan Indonesia," katanya.

Ia menuturkan festival akan digelar mulai pagi hingga malam hari. Untuk menyemarakkan festival, para pengunjung bakal dimanjakan berbagai lomba dan hiburan, seperti lomba senam tobelo, jalan sehat, lomba masak tradisional, lomba fashion show daur ulang, dan kesenian tradisional.

Iwan mengatakan melalui festival makanan djadoel akan mampu memperkenalkan dan meningkatkan potensi kuliner Magelang. Selain itu, kegiatan tersebut menjadi wadah pegiat seni dan budaya serta komunitas anak muda dalam berkarya.

"Festival ini digelar juga dalam rangka memeriahkan HUT ke-34 Kota Mungkid yang menjadi ibu kota Kabupaten Magelang," katanya.

Ia berharap festival itu mampu menggaet wisatawan luar daerah terutama pencinta kuliner. Pihaknya optimistis kegiatan tersebut akan mampu menyedot 10 ribu pengunjung.

"Kami harapkan kegiatan ini menjadi kalender tahunan yang bisa meningkatkan roda perekonomian pegiat kuliner," katanya.

 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024