Tegal, ANTARA JATENG - Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Pringsewu, Kabupaten Tegal, Minggu, yang diwarnai minum jamu bersama, selanjutnya banner warna putih dipenuhi tanda tangan hadirin, termasuk pemrakarsa acara tersebut Dr. Dewi Aryani, M.Si. yang juga anggota Komisi IX DPR RI.

Bubuhan tanda tangan DeAr, sapaan akrab anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini, bersama pejabat di lingkungan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinkes Kabupaten Tegal, perwakilan kepala desa, SKPD pertanian, sosial, PU, BKKBN, kader posyandu, dan tokoh masyarakat se-Kabupaten Tegal itu sebagai tanda mereka siap melaksanakan dan menyukseskan Germas di daerah setempat.

DeAr, wakil rakyat asal asal Daerah Pemilihan IX (Kabupaten Tegal, Brebes, dan Kota Tegal), dalam menggelar Sosialisasi Germas menggandeng Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal. Dalam acara ini juga ada pembagian sapu dan setrika oleh DeAr kepada mereka yang bisa menjawab berbagai pertanyaan yang dia lontarkan.

"Kalau Presiden RI Joko Widodo memberi pertanyaan dengan hadiah sepeda, saya sapu dan setrika saja, ya," gurau DeAr di hadapan peserta sosialisasi yang jumlahnya ratusan orang dari berbagai golongan yang mayoritas adalah ibu-ibu.

Para undangan makin semangat. Pasalnya, selain mendapat ilmu tentang gerakan masyarakat hidup sehat, ibu-ibu juga terlihat membawa handuk dan tupperware sebagai bingkisan

Tidak Konsumsi Alkohol

Menurut DeAr, ketika tampil sebagai narasumber, Germas dapat dilakukan dengan cara, antara lain, aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban bersih.

Pada tahap awal, Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: pertama, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari; kedua, mengonsumsi buah dan sayur; ketiga, memeriksakan kesehatan secara rutin.

Melalui Germas, DeAr berharap dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk membiasakan diri hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan. Selain itu, berpikir positif juga bisa terbangun jika secara fisik juga sehat.

"Peran ibu dalam keluarga sangat penting karena keseharian dalam rumah tangga yang berkaitan dengan kebiasaan hidup bersih dimulai dari perilaku contoh yang diberikan oleh seorang ibu," ucap DeAr.

Pewarta : Kliwon
Editor :
Copyright © ANTARA 2024