Status Tangkuban Parahu Masih Waspada

id status tangkuban parahu masih waspada

Status Tangkuban Parahu Masih Waspada



"Gunung Tangkuban Parahu masih level dua, rekomendasi tetap radius 1,5 kilometer dari bibir kawah tidak boleh ada aktivitas masyarakat atau pendakian," kata Kepala PVMBG Badan Geologi Surono di Bandung, Rabu.

Gunung Tangkuban Parahu ditetapkan waspada sejak 21 Februari 2013 setelah adanya hembusan tremor dan material abu di sekitar Kawah Ratu yang merupakan kawah utama gunung itu.

Akibatnya aktivitas wisata di kawasan Gunung Tangkuban Parahu praktis ditutup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari aktivitas gunung api berkarakter strato itu.

"Tim memasang alat pendeteksi gas beracun di kawasan kawah itu, karena gunung itu berpotensi mengeluarkan gas beracun," katanya.

Dengan demikian, saat ini terdapat 21 gunung api di Indonesia yang mendapat pemantauan intensif karena berstatus siaga dan waspada.

Gunung api yang berstatus siaga atau level III sebanyak lima yakni gunung Ijen, Lokon, Rokatenda, Karangetang dan Gunung Raung.

Sedangkan enam belas gunung api lainnya berstatus waspada atau level II yakni Seulawah Agam, Papandayan, Dukono, Sinabung, Marapi, Tangkuban Parahu, Soputan, Semeru, Gamkonora, Talang, Bromo, Ibu, Kerinci, Ile Lewotolo, Sangeang Api dan Gunung Gamalama.
Pewarta :
Editor: Totok Marwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar