Patung Melania Trump yang hangus dipamerkan di galeri seni

id melania trump

Patung Melania Trump yang hangus dipamerkan di galeri seni

Patung kayu Melania Trump karya seniman Brad Downey di pameran di Koper, Slovenia, 1 September 2020. REUTERS/BORUT ZIVULOVIC

Jakarta (ANTARA) - Patung kayu ibu negara AS Melania Trump yang hangus terbakar dipamerkan di galeri seni kota Koper, Slovenia, Rabu (2/9) waktu setempat.

Patung tersebut dibakar oleh seseorang saat dipajang di ruang terbuka dekat tempat kelahiran Melania di Sevnica, pada 4 Juli lalu, yang merupakan hari kemerdekaan Amerika Serikat.

"Objek ini (patung yang hangus) mewakili visual dari ketegangan politik yang terjadi di negara saya, dan bukan cuma di negara saya," kata Brad Downey, seniman AS yang berbasis di Jerman, kepada Reuters.

Seniman 40 tahun itu meminta seniman Slovenia Ales Zupevc untuk membuat patung seukuran manusia tersebut.

Melania Trump lahir di Slovenia pada 1970 ketika negara itu masih jadi bagian dari Yugoslavia.

Pameran itu juga memamerkan replika plastik patung kayu dan cetakan yang dipakai untuk membuat patung perunggu Trump yang bakal diresmikan di Rozno, dekat Sevnica, pekan depan, di tempat di mana patung kayu itu sebelumnya berdiri.

Downey mengatakan patung itu dibakar pada saat sejumlah patung penjajah dihancurkan di AS sebagai bagian dari unjuk rasa "Black Lives Matter".

Downey mengatakan dia membuat patung dengan harapan mendorong adanya dialog mengenai situasi politik di AS, di mana presidennya bersumpah untuk mengurangi imigrasi meski dia menikahi seorang imigran.

Wajah patung itu terpahat kasar dan tidak dapat dikenali, namun patung itu mengenakan mantel biru pucat seperti busana Melania saat pelantikan Donald Trump sebagai presiden AS, Reuters dikutip Jumat.



 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar