Wilayah Pakis dan Dukun Magelang diguyur hujan abu Merapi

id dukun dan pakis magelang, diguyur hujan abu

Wilayah Pakis dan Dukun Magelang diguyur hujan abu Merapi

Erupsi Gunung Merapi terlihat dari Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (10/4/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 09.10 WIB dengan durasi letusan 103 detik dan tinggi kolom 3.000 meter. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/pras. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Magelang (ANTARA) - Sejumlah desa di wilayah Kecamatan Pakis dan Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, diguyur hujan abu setelah terjadi erupsi di Gunung Merapi pukul 09.10 WIB.

Petugas pengamatan Gunung Merapi Pos Babadan Yulianto di Magelang, Jumat, mengatakan erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 103 detik.

Ia menuturkan teramati tinggi kolom erupsi sekitar 3.000 meter dari puncak Merapi. Arah angin saat erupsi ke barat Laut.

Baca juga: Merapi meletus lagi dengan tinggi kolom 1.500 meter

Ia mengatakan saat erupsi kondisi angin tidak begitu kencang sehingga hujan abu hanya terjadi di sekitar Merapi saja.

Selain di wilayah Kecamatan Pakis dan Dukun, hujan abu juga terjadi di wilayah Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, antara lain terjadi di Desa Tlogolele, Klakah, dan Desa Jrakah.

Yulianto mengatakan meskipun terjadi erupsi di Gunung Merapi, aktivitas warga tetap normal. Warga tetap beraktivitas di ladang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edy Sutanto menyebutkan sejumlah desa di Kecamatan Dukun yang terdampak hujan abu, antara lain Desa Sumber, Wonolelo, Ngargomulyo, Keningar, dan Desa Kalibening.

Kemudian di wilayah Kecamatan Pakis hujan abu terjadi di Desa Ketundan, Pogalan, Kenalan dan Desa Kedakan.*

Baca juga: Merapi kembali meletus, Selo Boyolali masih aman
Baca juga: Merapi erupsi, hujan abu tipis di Srumbung, Magelang
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar