Tim Polbangtan YoMa pantau perkembangan Roro 24 jam

id Polbangtan, sapi Roro

Tim Polbangtan YoMa pantau perkembangan Roro 24 jam

Roro, sapi unggulan yang dilahirkan di Polbangtan YoMa, menjalani penambangan badan. (Foto: polbangtan/tantyanuar)

Magelang - Mahasiswa dan pegawai Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang Jurusan Peternakan yang tergabung dalam Team TE Belgian Blue melakukan pemeriksaan kesehatan rutin Roro, nama sapi unggulan yang lahir di kampus ini.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini mengacu juga pada kegiatan pemeliharaan Roro setiap harinya. Pemeliharaan dilakukan dengan pemantauan 24 jam oleh Team TE Belgian Blue.

Seperti dalam pemantauan pada hari Sabtu, pemeliharaan dan pemeriksaan kesehatan Roro meliputi pembersihan kandang dan lingkungan sekitarnya, lalu memandikan Roro dan memberikan air susu beserta pakan hijauan maupun kosentrat di setiap pagi hari.

Lalu dilanjutkan memeriksa kesehatan rutin meliputi pengecekan suhu badan, detak jantung, dan frekuensi napas.

Sabtu adalah hari di mana penimbangan berat Roro yang selalu dinanti-nantikan warga Polbangtan Yogyakarta-Magelang akan pertumbuhan dan perkembangan Roro yang makin hari makin lincah dan energik.

Kegiatan penimbangan ini dilakukan setiap satu minngu sekali.

Pada penimbangan tanggal 26 Januari 2018, di mana usia Roro menginjak 2 bulan lebih 16 hari, berat badannya telah mencapai 106,5 kg. Pertambahan berat badan Roro (ADG) mencapai 0,5-0,8 kg/hari.

Kegiatan pemeliharaan dan pemeriksaan Roro dilanjutkan pada siang hari, yaitu memberikan minum susu saja.

Hal karena sudah ada pakan hijauan yang dicampur kosentrat. Untuk sore
hari, dilakukan lagi cek kesehatan kembali.

Hal ini dilakukan setelah magrib untuk pengecekan suhu badan, detak jantung, dan frekuensi napas, tak lupa juga memberikan susu pada Roro. (Polbangtanyoma/tantyanuar)

Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar